<p>Manajemen emiten Grup Lippo, PT Multipolar Tbk (MLPL) saat RUPS / Dok. Perseroan</p>
Korporasi

Pendapatan Segmen Teknologi Tumbuh, Multipolar Berbalik Untung di Kuartal III-2021

  • Emiten investasi Grup Lippo, PT Multipolar Tbk (MLPL) melaporkan kinerja yang cukup memuaskan pada kuartal ketiga tahun ini. Meskipun penjualan sedikit menurun, perseroan sukses membalikkan posisi dari rugi menjadi untung sepanjang Januari – September 2021.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten investasi Grup Lippo, PT Multipolar Tbk (MLPL) melaporkan kinerja yang cukup memuaskan pada kuartal ketiga tahun ini. Meskipun penjualan sedikit menurun, perseroan sukses membalikkan posisi dari rugi menjadi untung sepanjang Januari – September 2021.

Mengutip laporan keuangannya, Senin, 20 Desember 2021, perseroan membukukan penjualan sebesar Rp7,42 triliun pada triwulan III-2021. Angka ini turun 2,07% year-on-year (yoy) dari Rp7,58 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Penjualan dari segmen eceran dan distribusi turun dari Rp5,3 triliun menjadi Rp5,16 triliun. Hal ini sejalan dengan pendapatan administrasi saham dan lainnya dari Rp469,15 miliar menjadi Rp347,36 miliar. 

Sedangkan, dari segmen teknologi informasi tumbuh menjadi Rp1,91 triliun dari Rp1,81 triliun.

Pada periode yang sama, pendapatan investasi MLPL menyusut dari Rp568,91 miliar menjadi Rp543,86 miliar. 

Sementara itu, beban pokok penjualan berhasil ditekan menjadi Rp6,01 triliun dibandingkan dengan Rp6,09 triliun pada akhir September 2020.

Dengan catatan tersebut, perseroan meraup laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp156,09 miliar. Perolehan ini berbanding terbalik dari kuartal ketiga tahun lalu, di mana Multipolar menelan rugi bersih sebanyak Rp503,59 miliar.

Sebelumnya, perseroan mengumumkan telah melakukan transformasi strategi perusahaan dengan mempertajam fokus investasi pada perusahaan-perusahaan sektor teknologi dengan menggunakan nama baru, yakni MPC.

Selain mengganti nama, perseroan juga akan meluncurkan logo baru yang merepresentasikan perubahan semangat, filosofi, dan arah perusahaan. Proses transformasi ini sejalan dengan semangat perseroan untuk mendukung dan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. 

Presiden Direktur sekaligus CEO MPC Adrian Suherman mengatakan, melalui transformasi ini, pihaknya ingin memastikan perseroan terus berada di titik pusat revolusi digital yang saat ini sedang berlangsung di Indonesia melalui serangkaian strategi investasi yang tengah diusung. 

“Transformasi MPC juga semakin mempertegas kepercayaan dan komitmen perusahaan untuk dapat merangkul lebih banyak start up lokal maupun regional yang memiliki kapasitas untuk memberdayakan dan membawa manfaat nyata bagi lebih banyak masyarakat Indonesia,” dikutip dari keterangan resmi, Rabu, 15 Desember 2021.