Sigma male
Gaya Hidup

Penelitian Ilmiah Dibalik Orang yang Berkarisma

  • beberapa psikolog percaya bahwa karisma dapat dikaitkan dengan kemampuan berpikir dan bertindak cepat
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Apa yang membuat seseorang yang berkarisma begitu menonjol? karisma tampak seperti teka-teki, juga konsep yang sulit didefinisikan. Mengapa demikian?

Sulit mendefinisikan karisma karena karisma muncul dengan cara yang berbeda untuk orang yang berbeda. Alasan selanjutnya adalah, kita cenderung tidak memikirkan apa yang kita maksud dengan karisma. 

Kita mungkin mengira seseorang memiliki karisma. Yasudah berhenti di situ saja, kita tidak bertanya pada diri sendiri mengapa orang itu tampak berkarisma.

Saat kita berpikir tentang karisma, kata-kata berikut yang akan muncul di benak kita: menarik, memikat, menghipnotis, memesona dan tenang.

Menariknya, beberapa psikolog percaya bahwa karisma dapat dikaitkan dengan kemampuan berpikir dan bertindak cepat. Wiliiam Von Hippel dari University of Queensland di Australia tertarik mengapa sebagian orang memancarkan karisma yang lebih daripada orang lain. Ia juga ingin memahami faktor-faktor yang mendorong fenomena ini.

Seperti dilansir dari laman website think confidence “Kami memutuskan untuk mengambil pendekatan yang sedikit berbeda untuk masalah ini dengan mencoba mencari tahu faktor apa yang mungkin mempengaruhi karisma seseorang,” jelas Von Hippel. “ Ketika kita melihat pemimpin yang karismatik, musisi, dan figur publik lainnya, satu hal yang menonjol adalah mereka cepat berdiri.”

Ini menunjukkan bahwa kecepatan seseorang dalam berpikir dan bertindak dapat secara akurat memengaruhi karisma mereka. Para peneliti menyimpulkan bahwa kecepatan seseorang dalam berfikir dan bertindak dapat membantu mereka untuk lebih mengontrol reaksi fisik mereka dan membantu mereka terlihat karismatik.

Orang-orang yang karismatik cenderung memproyeksikan ketenangan,  kepercayaan diri, ketegasan, kejujuran, keorisinilan diri, antusiasme dan, hampir selalu memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik.

Ciri-ciri ini didukung oleh bahasa tubuh positif yang ditularkan melalui postur tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, dan gerakan tangan. Mereka mampu menggunakan bahasa tubuh yang positif, berkomunikasi dengan jelas dan percaya diri. Kemampuan ini mampu menarik orang kepada mereka dan membuat orang lain ingin mendengarkan apapun yang mereka ucapkan.

Lain kali ketika Anda bertemu seseorang yang berkarisma. Berhentilah dan tanyakan kepada diri Anda, apa saja yang ia lakukan sehingga membuatnya tampak berkarisma. Setelah Anda mendapatkan jawabannya, Anda dapat menirunya untuk Anda terapkan di diri Anda sendiri.