<p>Karyawan paltform Fintech Pendanaan anggota AFPI mendapatkan vaksinasi pada pemberian Vaksin Gotong Royong untuk pekerja Industri Fintech Pendanaan Bersama Indonesia di Jakarta, Jumat, 2 Juli 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Dunia

Penelitian AS Terbaru: Vaksin Lebih Berpotensi Tularkan COVID-19

  • Penelitian terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menunjukkan bahwa bahkan mereka yang disuntik vaksin dapat membawa cukup banyak virus untuk menular.
Dunia
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - Penelitian terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa bahkan mereka yang disuntik vaksin dapat membawa cukup banyak virus untuk menular.

Melansir Bloomberg, Jumat, 30 Juli 2021, temuan terbaru ini bertentangan dengan pengamatan sebelumnya bahwa orang yang disuntik vaksin tidak lagi menular virus.

Bahkan sebuah dokumen lembaga itu menunjukkan bahwa varian Delta dari India juga dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada varian sebelumnya.

Penelitian juga menunjukkan bahkan mereka yang divaksinasi yang terinfeksi varian Delta mungkin dapat menularkan virus semudah mereka yang tidak divaksinasi.

Sebuah tim peneliti di Australia yang menyelidiki laporan yang tersebar luas bahwa vaksin dapat mengubah gen manusia mengatakan penelitian mereka menunjukkan tidak ada bukti bahwa materi genetik dari vaksin virus corona atau COVID-19 dapat dimasukkan ke dalam DNA manusia.

Penelitian dari tim pakar University of Queensland di Brisbane ini, yang diterbitkan dalam jurnal Cell Reports, bertentangan dengan klaim "menakutkan" yang membuat beberapa orang enggan untuk diimunisasi.

"Dari sudut pandang kesehatan masyarakat, kami akan mengatakan bahwa tidak ada kekhawatiran bahwa virus atau vaksin dapat dimasukkan ke dalam DNA manusia," Geoff Faulkner, seorang profesor ilmu saraf.

Saat ini, kampanye inokulasi global terbesar dalam sejarah mencapai tonggak 4 miliar dosis vaksin COVID-19, setelah lebih dari 4 juta orang meninggal karena wabah ini.

Di AS, 344 juta dosis telah diberikan, dengan rata-rata 615.404 per hari dalam seminggu terakhir. Di Indonesia, rata-rata dosis vaksin harian mencapai 400.000 sejak Juli. Presiden Joko Widodo menargetkan vaksinasi bisa mencapai 2 juta dosis pada Agustus nanti.

Pembatasan Baru

Temuan ini memicu pembatasan baru di seluruh AS, terutama di negara bagian di mana varian Delta dari India menyebabkan lonjakan kasus baru di negara itu.

Rumah sakit Texas disebut mencatat masuknya pasien COVID-19 bulanan terbesar mereka dalam lebih dari setahun.

Dengan satu hari tersisa di bulan Juli, penghitungan rumah sakit di seluruh negara bagian telah mencapai 5.662, hampir tiga kali lipat dari akhir Juni dan peningkatan bulanan terbesar sejak Juni 2020 lalu.

Di negara-negara Asia, penyebaran varian Delta terus mendorong pemerintah untuk memberlakukan kembali penguncian atau mengambil tindakan lain untuk mencoba menghambat transmisi penularan.

Di China, varian Delta menyebar ke kota-kota di negara itu yang diduga berasal dari penerbangan dari Rusia.

Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan 64 kasus baru COVID-19 yang dikonfirmasi pada Kamis, 29 Juli 2021, dengan kasus yang ditularkan secara lokal di Jiangsu, Hunan dan Beijing terhitung 21 di antaranya. Dua kasus baru juga ditemukan di Chongqing di China pada Jumat, 30 Juli 2021.

Sementara di Indonesia, Presiden Jokowi mengatakan tidak akan melakukan penguncian penuh meski Indonesia berada di puncak penghitungan kematian harian dunia.

Pembatasan saat ini, yang berlaku hingga 2 Agustus, sudah mulai berkurang di beberapa bagian Jawa dan Bali karena tingkat kasus dan kematian turun di daerah tersebut. Di tempat lain, varian delta terus menyebar.

Di sisi lain, Jepang berusaha untuk memperpanjang keadaan darurat di Tokyo hingga akhir Agustus dan membawa daerah sekitarnya dan Osaka di bawah tindakan serupa, ketika negara itu berjuang dengan gelombang kasus COVID-19 yang terburuk.

Tokyo melaporkan 3.865 infeksi baru, rekor harian ketiga berturut-turut sejak 27 Juli.

Di Manila, Filipina, pemerintah meningkatkan pembatasan pergerakan dan akan melakukan penguncian ketat selama dua minggu untuk membendung penyebaran varian Delta.

Manila kini hanya akan mengizinkan toko-toko penting seperti supermarket dan apotek beroperasi penuh untuk menghindari rumah sakit yang kewalahan. Restoran hanya akan buka untuk take away dan delivery.

Pihak berwenang di Phuket, tujuan wisata Thailand pertama yang membebaskan karantina bagi pengunjung asing yang divaksinasi, akan melarang pelancong domestik dan kendaraan memasuki pulau itu selama dua minggu karena kasus melonjak di bagian lain negara itu.

Bangkok dan selusin provinsi lain mungkin melihat pembatasan seperti jam malam dan larangan pertemuan besar diperpanjang saat layanan kesehatan bergulat dengan lonjakan kasus varian Delta yang berbahaya.

Namun Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha mengesampingkan penguncian penuh, dengan mengatakan "pakar kesehatan masih mendukung langkah-langkah saat ini." Kasus aktif di Thailand berada pada titik tertinggi sepanjang masa hampir 200.000.*