Photo by cottonbro studio: https://www.pexels.com/photo/woman-girl-animal-dog-4056535/
Gaya Hidup

Penelitian: Yoga 3 Kali Seminggu dapat Menurunkan Stres dan Meningkatkan Memori Jangka Panjang

  • Apakah Anda sedang mencari cara untuk menghilangkan stres dan kecemasan yang menghantui Anda akhir-akhir ini?
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Apakah Anda sedang mencari cara untuk menghilangkan stres dan kecemasan yang menghantui Anda akhir-akhir ini?

Ahli berpendapat bahwa olahraga yoga yang menggabungkan gerakan, pernapasan, dan kesadaran dapat menjadikannya salah datu cara terapeutik dan salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan stres.

Seperti dilansir dari laman website resmi Yahoo pada Sabtu, 19 Mei 2023, penelitian tahun 2023 di Journal of Behavioral Medicine telah menemukan manfaat yoga untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kemampuan otak. Latihan rutin yoga juga dapat meningkatkan ingatan jangka pendek.

Uji coba dilakukan oleh para peneliti dari Institut Beckman untuk Sains dan Teknologi Lanjut Universitas Illinois Urbana-Champaign yang mengevaluasi 86 orang dewasa yang bekerja penuh waktu. Para peserta penelitian ini semuanya mengalami gejala stres. Mereka berpartisipasi selama delapan minggu dengan intensitas sedang melalui program yoga jarak jauh.

Hasilnya, para peserta yang berlatih yoga intensitas sedang selama 50 menit, tiga kali per minggu, selama delapan minggu di rumah, memiliki stres dan kecemasan yang jauh lebih rendah, dan akurasi yang lebih tinggi pada tugas memori kerja. Dibandingkan dengan kelompok kontrol. laporan abstrak penelitian, menyimpulkan bahwa, "Latihan yoga intensitas sedang terbukti aman, menyenangkan, dan dapat mengurangi stres serta meningkatkan fungsi kognitif."

Salah satu penulis studi tersebut, Sean Mullen, PhD, profesor asosiasi di departemen kinesiologi dan kesehatan masyarakat di Universitas Illinois Urbana-Champaign, mengemukakan dalam sebuah artikel untuk rilis studi tersebut bahwa temuan mereka sejalan dengan pemahaman lama bahwa latihan aerobik secara umum bermanfaat bagi kesehatan otak dan kesehatan mental. Latihan aerobik juga ampuh untuk mengatasi stres, kecemasan , dan depresi.