Tekno

Penemuan Fosil Dinosaurus Pemakan Mamalia

  • fosil mikroraptor pertama kali ditemukan pada awal tahun 2000-an di Liaoning, China, yang terletak di bagian timur laut negara tersebut di sepanjang Laut Kuning.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

Jakarta - Seorang ahli Paleontologi dari Universitas MC Gill, Hans Larsson menemukan fosil mikroraptor yang membatu. 

Uniknya, fosil mikroraptor yang ditemukan oleh Larsson lengkap dengan tulang belulang sisa makanan terakhirnya.

Dari temuan fosil dinosaurus karnivora dengan sayap burung ini menunjukkan bahwa dino tersebut memakan sejumlah hewan seperti  ikan, burung, kadal, dan juga mamalia.

"Mereka pemangsa oportunistik," kata Larsson seperti dikutip TrenAsia.com dari Insider Selasa, 27 Desember 2022.

Ada kisaran 20 fosil yang ditemukan dengan tulang-belulang makanan mereka yang membatu di dalamnya. Ia mengatakan, ini adalah pertama kalinya sebuah fosil menunjukkan bahwa ada dinosaurus yang memakan mamalia. 

Karenanya, Larsson mengatakan penemuan ini menjadi penting sebab bisa membuat gambaran baru mengenai bagaimana ekosistem prasejarah mungkin bekerja.

"Temuan ini adalah satu-satunya bukti kuat yang kami miliki tentang konsumsi makanan dari hewan yang sudah lama punah ini dan mereka sangat langka," tambah Larsson.  

Sebagai informasi, fosil mikroraptor pertama kali ditemukan pada awal tahun 2000-an di Liaoning, China, yang terletak di bagian timur laut negara tersebut di sepanjang Laut Kuning. 

Kala itu, para ilmuwan berspekulasi bahwa spesies tersebut kemungkinan besar punah karena ia memiliki empat sayap dan dua sayap tambahan menciptakan tarikan saat bergerak. Karenanya, kemampuannya menjadikan makanan dari semua jenis hewan mungkin tidak cukup untuk mengimbangi dua sayap yang terlalu banyak.