mumi firaun tertua.jpeg
Tekno

Penemuan Mumi Firaun Tertua di Dekat Piramida Saqqara

  • Sejumlah Ahli Mesir Kuno menemukan sebuah makam Firaun di dekat Kairo.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

KAIRO - Sejumlah Ahli Mesir Kuno menemukan sebuah makam Firaun di dekat Kairo. Makam tersebut berisi sebuah mumi yang disinyalir sebagai mumi tertua sepanjang penemuan.

Lebih menarik lagi, mumi Firaun yang baru ditemukan berada dalam kondisi lengkap karena belum terjamah dari para penjarah.

Melansir Reuters Jumat, 27 Januari 2023, mumi tersebut diperkirakan berusia 4.300 tahun. Adapun letak dari mumi Firaun yang baru ditemukan berada di dasar lubang sepanjang 15 meter di kelompok makam dinasti kelima dan keenam.

Pemimpin penelitian Zahi Hawass mengatakan lubang tersebut ditemukan di sekitar piramida tingkat yang berada di Saqqara.

Melihat tulisan yang tertera pada sarkofagus batu kapur yang telah disegel dalam lesung, mumi Firaun yang baru ditemukan itu diidentifikasi sebagai seorang pria bernama Hekashepes.

"Mumi ini mungkin merupakan mumi tertua dan terlengkap yang ditemukan di Mesir hingga saat ini," kata Hawass sebagaimana dikutip TrenAsia.com, Jumat, 27 Januari 2023.

Pada kompleks makam tersebut, ditemukan mumi lain yang diidentifikasi bernama Khnumdjedef. Berdasarkan keterangan, Khnumdjedef merupakan seorang inspektur pejabat, pengawas bangsawan dan seorang pendeta pada masa pemerintahan Unas, firaun terakhir dari dinasti kelima.

Sakrofagus dari mumi dari pejabat zaman Unas ini dihiasi dengan adegan kehidupan sehari-hari.

Selain Khnumdjedef, ditemukan pula makam milik Meri yang diketahui merupakan penjaga rahasia sekaligus asisten pemimpin besar istana.

Selain mumi, pada makam yang terkubur lama terdapat pula beragam patung. Salah satu patung yang ditemukan pada kompleks tersebut mewakili seorang pria dan istrinya serta beberapa pelayan.