Ilustrasi empat hari kerja.
Dunia

Penerapan 4 Hari Kerja Meluas di Negara Britania Raya

  • Upaya empat hari kerja di lingkungan pemerintah diharapkan mendorong sektor swasta untuk memberlakukan hal serupa. Kebijakan tersebut diharapkan meningkatkan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan (work life balance).
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Skotlandia mulai memperbolehkan para pegawai negeri sipil (PNS) mereka untuk bekerja selama empat hari sepekan. Pemerintah Skotlandia bakal meluncurkan skema uji coba untuk mendukung kebijakan tersebut. Tahun lalu Inggris telah memulai empat hari kerja yang dilakukan hampir 3.000 pekerja dari 61 lembaga.

Eksperimen empat hari kerja di negeri Britania Raya tersebut bakal berlangsung sekitar 12 bulan. Menteri Pertama Humza Yousaf mengumumkan rencana kebijakan itu pada awal pekan ini. Hal tersebut dilaporkan The Times, dikutip TrenAsia.com, Jumat 8 September 2023. 

Upaya empat hari kerja di lingkungan pemerintah diharapkan mendorong sektor swasta untuk memberlakukan hal serupa. Kebijakan tersebut diharapkan meningkatkan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan (work life balance).

Kebijakan itu dikabarkan tak lepas dari upaya Partai Nasional Skotlandia pimpinan Yousaf untuk mendongkrak elektoral jelang pemilu tahun depan. Di negara tetangga, Inggris, eksperimen empat hari kerja sudah dilaksanakan sejak tahun lalu. 

Hampir 3.000 pekerja di 61 organisasi mengadopsi minggu kerja yang lebih pendek selama enam bulan mulai Juni 2022-Desember 2022. Mereka melakukan eksperimen empat hari kerja dengan pengurangan jam kerja sebesar 20% tanpa pengurangan gaji. 

Uji coba penerapan empat hari kerja di sejumlah perusahaan di Inggris diklaim menunjukkan hasil yang memuaskan. Para pekerja yang berpartisipasi dalam eksperimen ini mengalami penurunan tingkat stres dan kelelahan dibanding sebelulumnya. Mereka juga tetap mampu memenuhi target produktivitas yang dibebankan perusahaan.

Perusahaan bahkan diuntungkan dari peningkatan pendapatan yakni rata-rata 1,4%. Sekitar 92% perusahaan yang mengikuti uji coba tersebut pun siap melanjutkan kebijakan empat hari kerja karena sejumlah manfaatnya. Adapun 18 perusahaan di antaranya telah menerapkan empat hari kerja secara permanen.

Riset menemukan 71% pekerja mengalami penurunan tingkat burnout, atau kondisi kelelahan dan stres karena pekerjaan. Para pekerja juga mengalami peningkatan kesehatan. Hal itu didukung dengan berkurangnya laporan pekerja yang sakit hingga 65%. 

Selain itu, riset yang dirilis kelompok kampanye 4 Day Week Campaign dan 4 Day Week Global akhir Februari 2023 lalu itu menemukan adanya peningkatan work life balance. Sebanyak 62% peserta eksperimen merasa lebih mudah untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan sosial. 

Direktur 4 Day Week Campaign Joe Ryle mengatakan hasil uji coba tersebut menjadi perkembangan signifikan dalam upaya mengampanyekan empat hari kerja. Ryle melihat sudah saatnya kebijakan tersebut coba diterapkan tak hanya di Inggris, melainkan juga di negara-negara lain. “Hasil yang luar biasa ini menunjukkan bahwa (kerja) empat hari sepekan benar-benar berhasil,” ujar Direktur 4 Day Week Campaign, Joe Ryle, dilansir 4dayweek.co.uk.