<p>Foto udara lalu lintas mobil kendaraan menuju Jakarta di gerbang tol Bekasi Barat, Jawa Barat, Rabu (8/4/2020). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah yang berdekatan dengan Jakarta yaitu Bekasi kota/kabupaten, Depok dan Bogor kota/kabupaten ke pemerintah pusat untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.</p>
Transportasi dan Logistik

Penerapan Sistem Tol Nirsentuh Masih Tunggu Roatex Hongaria

  • Juru Bicara Kementerian Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja mengungkapkan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) akan segera menyampaikan rencana kerja penerapan sistem bayar tol nirsentuh atau tanpa henti (Multi Lane Free Flow/MLFF) kepada pemerintah.
Transportasi dan Logistik
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja mengungkapkan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) akan segera menyampaikan rencana kerja penerapan sistem bayar tol nirsentuh atau tanpa henti (Multi Lane Free Flow/MLFF) kepada pemerintah.

Endra mengatakan, sejauh ini konsolidasi sudah hampir rampung dan sisanya adalah segala persiapan untuk menuju ke penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF).

"Artinya konsolidasinya sudah hampir selesai, sudah berkirim surat ke kita untuk segera memulai persiapan-persiapan menuju penerapan," kata Endra saat ditemui di Kantor PUPR, Rabu, 9 Agustus 2023.

Meski sebelumnya uji coba yang direncanakan awal Juni 2023 batal terlaksana, namun Endra mengatakan hal ini disebabkan oleh adanya kendala di internal Roatex dan Kementerian PUPR meminta segera menyelesaikannya.

Adapun batalnya uji coba tol ini juga ditakutkan dengan adanya risiko potensi kehilangan pemasukan BUJT sebesar 20 persen karena ada perbedaan sistem adaptasi MLFF di Eropa dan di Indonesia. Endra mengatakan hal itu juga sedang disiapkan opsi jalan keluarnya.

Pihaknya akan mendiskusikan dengan himbara. Kemudian ada risiko-risiko mitigasi baik dengan Korlantas, para BUJT juga. Endra menegaskan, untuk lokasi uji coba akan tetap sama yakni di Tol Bali-Mandara.

Pasalnya ruas tol tersebut yang paling memungkinkan karena jalurnya relatif pendek dan tidak terlalu padat. Dia berharap uji coba itu bisa terlaksana tahun ini.

Tambahan informasi, MLFF merupakan teknologi baru yang mengintregasikan semua aspek dan ini merupakan salah satu inovasi baru pada sistem pembayaran nonsentuh di jalan Tol Indonesia.

Diharapkan dengan sistem ini, jlan tol di Indonesia benar-benr bebas hambatan, praktis, efisien dan juga mudah kedepannya.