Pesawat Pelita Air
Transportasi dan Logistik

Pengalaman Menjajal Rute Baru Pelita Air Jakarta - Banjarmasin

  • Pelita Air Service (PAS) rute Jakarta - Banjarmasin tidak menyediakan hiburan Audio and Video on Demand (AVOD) dengan LCD TV layar

Transportasi dan Logistik

Debrinata Rizky

JAKARTA - Pelita Air Service (PAS) kembali menambah penerbangan komersial berjadwal (regular flight) perdana rute Jakarta-Banjarmasin-Jakarta. Penerbangan perdana (inaugural flight) diselenggarakan tanggal 1 November 2023.

Maskapai yang merupakan anak usaha Pertamina ini membuka rute PP Jakarta-Banjarmasin dengan frekuensi penerbangan satu kali sehari.

TrenAsia.com berkesempatan untuk menumpang pesawat Pelita Air menuju Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, Kalimatan Selatan. Pelita Air terbang dari Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Bagaimana pengalamannya?

Masuk ke dalam pesawat, penumpang akan langsung disambut oleh pramugari dengan ramah yang menggunakan seragam dominan biru gelap, dengan aksen merah dan hijau gelap. Pakaian pramugarinya formal, dengan tambahan aksesoris syal berwarna terang.

Untuk desain interior di dalam pesawat cenderung menggunakan warna gelap, karpet yang digunakan berwarna biru. Sementara itu kursi-kursi penumpang berwarna biru lebih gelap, dengan aksen Pelita Air berwarna abu-abu.

Penerbangan Pelita Air tidak memiliki kelas bisnis. Semua kursi dari depan hingga belakang sama bentuknya, alias kelas ekonomi. Pelita Air memberikan kursi penumpang cukup nyaman dan empuk. Di mana penataan bangku penumpangnya cukup longgar karena jarak antar bangku tidak terlalu sempit. Penumpang bisa sedikit meluruskan kakinya.

Dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class, Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan reguler.

Pelita Air juga menyediakan makanan dan minuman bagi para penumpang. Sekitar 15-20 menit setelah take off, pramugari membagikan snack dan minuman.

Satu-satunya kekurangan yang ada di pesawat ini adalah tidak disediakannya pilihan hiburan Audio and Video on Demand (AVOD) dengan LCD TV layar di tiap kursi. Opsinya, penumpang bisa mengakses hiburan di dalam pesawat melalui telepon seluler masing-masing dengan aplikasi Tripper. 

Adapun rute Jakarta–Banjarmasin–Jakarta dijawadwalkan terbang setiap hari dengan jadwal keberangkatan Jakarta-Banjarmasin pukul 10.30 WIB dan tiba pukul 13.30 WITA.

Sedangkan rute sebaliknya Banjarmasin-Jakarta pukup 14.10 WITA dan tiba pukul 15.15 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan.