<p>Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Wamen Angela Tanoesodibjo saat akan mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi X DPR di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Pengeluaran Wisatawan Selama Libur Lebaran 2023 Capai Rp2,7 Juta

  • Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat rata-rata pengeluaran wisatawan selama libur Lebaran 2023 mencapai Rp2,7 juta per orang.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat rata-rata pengeluaran wisatawan selama libur Lebaran 2023 mencapai Rp2,7 juta per orang. Angka tersebut melebihi target Kemenparekraf yakni Rp1,9 juta. 

Hal itu disampaikan Menparekraf, Sandiaga Uno, dikutip dari Antara, Rabu 3 Mei 2023. Sandiaga mengatakan angka Rp2,7 juta didapat dari penggalian data 1.045 responden selama libur Lebaran tahun ini. “Rata-rata pengeluaran mereka mencapai Rp2,7 juta dari target Rp1,7 juta,” ujarnya.

Kemenparekraf menyebut pengeluaran terbesar dipakai untuk transportasi yakni sebesar 23,4%. Setelah itu pengeluaran dialokasikan untuk akomodasi 22%, konsumsi 20% serta pembelian cenderamata, fesyen dan kriya sebesar 14%. 

“Titik pergerakan mudik di Jawa terletak di Jawa Tengah dan Cirebon, Sumatra di Padang dan Lampung serta Sulawesi di Makassar,” urai Sandiaga.

Pihaknya pun merevisi target potensi perputaran ekonomi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tahun ini melihat pergerakan yang menggembirakan pada masa mudik dan libur Lebaran 2023. Kemenparekraf berani mengoreksi potensinya dari Rp240 triliun menjadi Rp335,3 triliun. 

Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Nia Niscaya, mengatakan prediksi pengeluaran sebesar Rp2,7 juta merujuk pada data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang memprediksi 123 juta pemudik pada tahun 2023. “Jadi ada basis datanya,” ujarnya.