Dunia

Pengemudi Uber Donorkan Ginjal Ke Penumpang yang Baru Dijumpai

  • Seorang pengemudi Uber dilaporkan mendonorkan satu ginjalnya pada penumpang yang baru saja dijumpainya.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

BERLIN - Seorang pengemudi Uber dilaporkan mendonorkan satu ginjalnya pada penumpang yang baru saja dijumpainya. Keputusan donor tersebut dilakukan setelah sang pengemudi melakukan pembicaraan dengan penumpang sepanjang perjalan.

Mengutip Reuters Senin, 3 April 2023, Bill Sumiel yang mengalami disfungsi ginjal kala itu sedang berada Rumah Sakit Christiana di Newark, Delaware. Kala itu, ia pulang dari rumah sakit setelah menjalani dialisis atau cuci darah.

Saat memesan Uber, Ia mendapati Tim Letts sebagai pengemudi ubernya. Saat menuju rumah, Sumiel dan Letts banyak melakukan pembicaraan. Termasuk salah satunya mengenai kondisi medisnya. Dalam pembicaraan, Sumiel mengatakan bahwa Ita butuh pendonor ginjal lantaran kondisinya yang dirasa semakin memburuk.

Sesampainya di tujuan, Letts  sempat berhenti di depan rumah Sumiel selama kurang lebih 40 menit sebelum akhirnya menawarkan diri untuk menjadi pendonor ginjal pada pria yang baru saja ditemuinya. Letts meminta Sumiel mencatat nama dan nomor ponselnya.

"Itu membuatku tercengang. Aku gemetar begitu keras hingga aku bahkan tidak bisa menuliskan nama dan nomor teleponnya,"

Letts yang kemudian diketahui sebagai veteran Angkatan Darat berusia 33 tahun itu menepati janjinya dan operasi transplantasi berhasil dilakukan tahun lalu.

"Memberi ginjal sebenarnya adalah anugerah kehidupan dan saya merasa sangat beruntung memiliki anugerah itu. Saya tahu keajaiban telah terjadi di masa lalu. Saya benar-benar memperkuat keyakinan itu," kata Sumiel.  

Informasi terakhir, Letts saat ini diketahui tinggal di Jerman. Meski demikian, Letts etapi  Sumiel sama-sama mengatakan bahwa mereka adalah teman seumur hidup dan berniat untuk tetap berhubungan.