Apple Watch
Tekno

Pengguna Apple Watch Keluhkan Baterai Habis Terlalu Cepat Tanpa Sebab

  • Baru-baru ini di berbagai forum termasuk di support page atau halaman dukungan Apple sendiri, para pengguna melaporkan bahwa Apple Watch mereka kehabisan baterai dengan cepat.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Apple Watch adalah salah satu produk Apple yang cukup digemari oleh pengguna. Namun, baru-baru ini di berbagai forum termasuk di support page atau halaman dukungan Apple sendiri, para pengguna melaporkan bahwa Apple Watch mereka kehabisan baterai dengan cepat.

Beberapa pengguna mengeluhkan bahwa bahkan perangkat jam tangan Apple Watch Ultra yang kabarnya diklaim mampu bertahan hingga 36 jam berkat casing dan baterainya yang lebih besar, justru menghabiskan dayanya dalam waktu tiga jam saja. 

Oleh karena itu, seperti yang dilansir Trenasia dari The Independent pada Selasa, 7 November 2023, Apple segera berupaya memperbaiki masalah baterai tersebut yang tampaknya berkaitan dengan versi terbaru pada sistem operasi untuk Apple Watch.

Masalahnya, tampak terjadi usai pembaruan terbaru dari sistem operasi Apple Watch yaitu WatchOS 10.0 yang rilis pada akhir Oktober dan membawa perubahan termasuk penambahan fitur utama Apple Watch yang baru.

Sekarang, Apple dilaporkan sedang berusaha mengerjakan pembaruan yang seharusnya dapat memperbaiki masalah tersebut, seperti yang telah dilaporkan oleh Macrumors. Meski begitu, Apple masih belum secara terbuka memberikan konfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan pembaruan atau kapan pembaruan itu mungkin akan tiba.

Apple tampaknya telah berusaha untuk memperbaiki setidaknya beberapa masalah yang muncul pada rangkaian produknya. Seperti pembaruan iOS 17.1 untuk iPhone yang baru-baru ini dirilis, disebutkan bahwa pembaruan yang diberikan dapat mengatasi peningkatan konsumsi daya, apalagi saat kedua perangkat dipasangkan. Akan tetapi, tampaknya hal tersebut belum sepenuhnya menyelesaikan masalah.

Apple saat ini dilaporkan sedang melakukan pengujian WatchOS 10.2 yang mungkin tidak akan dirilis selama berbulan-bulan kemudian. Namun, perusahaan diketahui terkadang memberikan update kecil dan kurang substansial seperti untuk mengatasi bug dan masalah lain seperti baterai yang terkuras dengan cepat.

Masalah baterai Apple Watch yang terkuras dengan cepat ini diduga mungkin terkait dengan aplikasi tertentu. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka uninstal aplikasi MobyFace yang memungkinkan pengguna menyesuaikan tampilan smartwatch mereka, dan akhirnya membantu mengatasi baterai yang terkuras secara cepat.

Aplikasi tertentu juga sempat menimbulkan masalah pada perangkat Apple di masa lalu, yang mungkin akibat konflik antara perangkat lunak dan sistem operasi pada perangkat Apple. Seperti masalah beberapa waktu lalu di mana pengguna melaporkan iPhone 15 mudah overheating, tapi pihak Apple justru menyebutkan bahwa masalah ini disebabkan karena penggunaan aplikasi Instagram.