<p>Kurir J&amp;T Express Bekerja di tengah Pandemi COVID-19/ Facebook @J&amp;T Express Indonesia</p>
Industri

Pengiriman Melonjak, J&#038;T Express Siapkan Mesin Sortir Otomatis Mutakhir

  • Perusahaan jasa pengiriman yang fokus melayani pengiriman transaksi e-commerce J&T Express mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada momentum bulan Ramadan 2020, yakni hingga 3 juta paket per hari termasuk pada puncak Idulfitri. CEO J&T Express Robin Lo mengaku, sejak memasuki Ramadan, pihaknya memprediksi adanya peningkatan yang cukup besar lantaran masa pandemi berimbas pada peningkatan transaksi […]

Industri
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

Perusahaan jasa pengiriman yang fokus melayani pengiriman transaksi e-commerce J&T Express mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada momentum bulan Ramadan 2020, yakni hingga 3 juta paket per hari termasuk pada puncak Idulfitri.

CEO J&T Express Robin Lo mengaku, sejak memasuki Ramadan, pihaknya memprediksi adanya peningkatan yang cukup besar lantaran masa pandemi berimbas pada peningkatan transaksi online.

“Tercatat, sejak minggu ketiga bulan Mei kenaikan pengiriman sekitar 50% dari lebaran tahun lalu,” kata dia di Jakarta pada Jumat, 29 Mei 2020.

Transaksi pengiriman dari ecommerce masih mendominasi selama Ramadan hingga lebaran. Di samping itu, permintaan pengiriman melonjak akibat peraturan pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk beraktivitas dari rumah, termasuk meniadakan mudik lebaran. Pengiriman kategori fesyen, gadget, dan produk kecantikan masih mendominasi transaksi di bulan Ramadan.

Robin mengungkapkan bahwa J&T Express telah melakukan persiapan sebagai langkah antisipasi saat lonjakan pengiriman lebaran dengan menambah jumlah armada dan karyawan, serta mengerahkan fasilitas mesin sortir otomatis yang mampu menyortir 30.000 paket per jam dengan 108 destinasi.

Selain itu, saat ini J&T Express sedang melakukan uji teknologi mesin sortir otomatis dua tingkat terbaru yang dimiliki dengan kemampuan menyortir hingga 1,5 juta paket per hari.

Robin menyebut, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang disiplin dan bekerja secara maksimal merupakan modal dari pencapaian tersebut, di samping persiapan transportasi dan operasional. Adapun di tengah masa pandemi COVID-19, J&T Express menegaskan bahwa setiap karyawan menjalankan protokol kesehatan kerja guna menjaga kenyamanan pelanggan hingga menerima paketnya.