Pesawat Pelita Air
Transportasi dan Logistik

Pengumuman! Pelita Air Buka Rute Jakarta - Banjarmasin

  • Rute Jakarta-Banjarmasin merupakan penerbangan Pelita Air yang menerapkan perhitungan offset atas carbon footprint yang dihasilkan
Transportasi dan Logistik
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA -  Pelita Air kembali menambah rute penerbangan destinasi domestik. Kali ini, kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menjadi tujuan maskapai anak usaha PT Pertamina (Persero) ini.

Direktur Utama Pelita Air, Dendy Kurniawan mengatakan, hal ini merupakan upaya akselerasi kinerja serta dukungan berkelanjutan terhadap pemulihan sektor ekonomi.

Penerbangan perdana (inaugural flight) rute Jakarta-Banjarmasin pada 1 November 2023 merupakan penerbangan Pelita Air yang menerapkan perhitungan offset atas carbon footprint yang dihasilkan. 

"Pelita Air berkomitmen untuk menjalankan praktik penerbangan yang lebih hijau dengan menerapkan kebijakan karbon netral yang memungkinkan penerbangan ini untuk lebih berkelanjutan," katanya pada Rabu, 1 November 2023.

Dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class, Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan reguler.

Adapun rute Jakarta–Banjarmasin–Jakarta dijawadwalkan terbang setiap hari dengan jadwal keberangkatan Jakarta-Banjarmasin pukul 10.30 WIB dan tiba pukul 13.30 WITA.

Sedangkan rute sebaliknya Banjarmasin-Jakarta pukul 14.10 WITA dan tiba pukul 15.15 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan.

Alasan Pemilihan Kota Banjarmasin

Dendy menjelaskan, kota Banjarmasin terpilih menjadi rute terbaru karena dianggap memiliki potensi pasar yang menarik, baik dari segi jumlah penumpang potensial maupun permintaan perjalanan udara yang signifikan. 

Selain itu, kota Banjarmasin juga dapat menjadi penghubung untuk wilayah Tengah dan Timur Indonesia. Sehingga diharapkan rute penerbangan dapat memberikan layanan lebih luas kepada masyarakat. 

Hadirnya Pelita Air dengan rute Banjarmasin mempertimbangkan outlook performa rute penerbangan dan pertumbuhan demand penumpang. Pembukaan rute penerbangan berjadwal ini merupakan yang kesembilan.

Rute tambahan Banjarmasin akan melengkapi 8 rute yang sudah ada sebelumnya yaitu Bali, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Palembang, Padang, Pekanbaru dan Pontianak

Pelita Air akan terus hadir dalam kebangkitan pariwisata dan pembangunan ekosistem transportasi udara khususnya di Banjarmasin dan Provinsi Kalimantan Selatan.