KA Papandayan di Stasiun Bandung
Nasional

Pengumuman! Tiket Kereta Api Lebaran 2024 Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mulai menjual tiket kereta api untuk periode angkutan Lebaran 2024, dimulai pada 15 Februari 2024 untuk keberangkatan 31 Maret 2024, yang merupakan H-10 sebelum Lebaran.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mulai menjual tiket kereta api untuk periode angkutan Lebaran 2024, dimulai pada 15 Februari 2024 untuk keberangkatan 31 Maret 2024, yang merupakan H-10 sebelum Lebaran.

VP Public Relations, KAI Joni Martinus mengungkapkan, pembukaan pemesanan tiket dilakukan agar pelanggan dapat menentukan estimasi waktu perjalanan.

“Kami mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," kata Joni dalam keterangannya, dikutip pada Kamis, 15 Februari 2024.

Baca Juga: KCI Gelontorkan Rp9 Triliun untuk Pengadaan Sarana KRL

Sementara itu, KAI terus meningkatkan layanannya kepada penumpang, salah satunya dengan menerapkan sistem antrean untuk pembelian tiket kereta api jarak jauh.

Sistem ini diberlakukan melalui aplikasi Access by KAI dan situs web kai.id dengan tujuan memberikan kepastian layanan kepada calon penumpang, terutama saat periode sibuk seperti musim Lebaran, Natal, dan Tahun Baru.

Pada saat peak season, di mana ada peningkatan pesanan tiket, calon penumpang akan diarahkan ke dalam sistem antrean yang akan memberi tahu perkiraan waktu tunggu.

Disarankan agar calon penumpang tidak menutup window tersebut agar tetap terhubung dengan sistem. Kemudian, saat gilirannya tiba, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa.

Sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan situs web KAI.id tersebut sudah mulai diberlakukan sejak 1 Februari 2024.

“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data serta informasi,” ucap Joni.

Baca Juga: Argumen Luhut Soal RI Impor KRL dari China

Tiket bisa dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

“KAI siap melayani pelanggan sebaik mungkin pada periode Lebaran 2024 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman,” tutup Joni.