Polda Metro Jaya melakukan rilis kasus penipuan berkedok jasa titip tiket konser Coldplay di Jakarta, Senin 22 Mei 2023.
Nasional

Penipuan Modus Jastip Tiket Coldplay Dibongkar, Kerugian Capai Rp257 Juta

  • Aparat mencatat setidaknya ada 60 korban dalam kasus tersebut dengan kerugian mencapai Rp257 juta.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Polda Metro Jaya menangkap dua pelaku penipuan berkedok jasa titip (jastip) tiket konser Coldplay. Aparat mencatat setidaknya ada 60 korban dalam kasus tersebut dengan kerugian mencapai Rp257 juta. 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis, mengatakan pelaku bernisial ABF (laki-laki) dan W (perempuan) melancarkan penipuan lewat akun Twitter @findtrove_id. “Kami berhasil mengamankan ABF dan W di Jogja setelah mendapatkan laporan korban,” ujar Auliansyah dikutip dari polri.go.id, Selasa 23 Mei 2023. 

Menurut Auliansyah, pelaku membeli akun Twitter @findtrove_id karena jumlah pengikutnya yang banyak. Akun itu kemudian membuka jastip tiket konser Coldplay yang bakal digelar 15 November 2023 di Jakarta. “Mereka menyampaikan seolah-olah akun itu telah menjual berbagai tiket konser sebelumnya dan berhasil,” ujarnya. 

Informasi yang dihimpun TrenAsia, akun twitter tersebut mengunggah penawaran dengan keterangan “OPEN JASTIP WAR TICKET COLDPLAY Music of the Spheres in Jakarta. Fee Bookslot 50K/Tiket. 1 st Payment hanya membayar fee bookslot saja, harga tiket+fee jastip dibayarkan ketika di infokan tiket secured.”

Transfer Bertahap

Korban yang berminat kemudian diarahkan berlanjut komunikasi di grup Whatsapp yang dibikin tersangka. Setelah terjadi kesepakatan, para korban diminta segera mentransfer Bookslot sebesar Rp50.000/tiket. “Tersangka kemudian menjelaskan apabila dalam waktu 10 menit tiket tersebut tidak dibayarkan, akan dialihkan ke pembelian lain,” imbuh Auliansyah.

Pada 17 Mei 2023, tersangka memberitahu para korban bahwa tiket yang dipesan sudah aman. Lalu, tersangka meminta korban melakukan pembayaran secara full. “Korban mentransfer secara bertahap dengan jumlah Rp10.102.500,” ungkap Direktur. 

Setelah pembayaran tersebut, pesan korban tidak direspons di Twitter maupun WhatsApp. Polisi menyatakan korban penipuan jastip tiket konser Coldplay pada akun twitter @findtrove_id saat ini mencapai 60 orang lebih. Kerugian yang tercatat sejauh ini sekitar Rp257 juta.