Suzuki Jimny
Dunia

Penjualan Global Mobil Suzuki Capai 80 Juta Unit

  • Suzuki Altomenyumbang 20% dari total penjualan global Suzuki dengan mencatatkan penjualan hingga 16,01 juta unit.

Dunia

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - Suzuki Motor Corporation telah mencapai prestasi penjualan global sebanyak 80 juta unit kendaraan roda empat pada akhir Agustus 2023. Dari jumlah tersebut, sekitar 28,9 juta unit terjual di Jepang, sementara sisanya, sekitar 51,27 juta unit, telah dipasarkan di luar negeri.

Secara rinci, penjualan global Suzuki terbesar berada di wilayah Jepang yang berkontribusi 36% pada angka penjualan. Selanjutnya wilayah terbesar kedua yang berkontribusi besar pada angka penjualan adalah India sebesar 32,6%, Eropa sebesar 10%, Asia sebesar 13,5%, dan wilayah lainnya sebesar 7,8% meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Oseania, Timur Tengah, Afrika, dan negara lainnya.

Sejak meluncurkan Suzulight, mobil ringan pertama yang diproduksi secara massal di Jepang pada Oktober 1955, Suzuki telah berkomitmen untuk menghadirkan produk originalnya yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Selama perjalanan perusahaan, Suzuki terus mengembangkan berbagai jenis mobil ringan. Pada tahun 1965, perusahaan memasuki pasar mobil compact dengan merilis Suzuki Fronte 800.

Ekspansi penjualan ke luar negeri Suzuki dimulai pada tahun 1959 dengan ekspor Suzulight. Suzuki kemudian memulai produksi mobil lokal pertamanya di Pakistan pada tahun 1975, dan melanjutkannya dengan ekspansi produksi di luar negeri, termasuk di India pada tahun 1983 dan Hungaria pada tahun 1992. Saat ini, India juga menjadi basis produksi untuk ekspor ke Afrika dan negara lain.

Saat ini, Suzuki memiliki 15 basis produksi mobil di 10 negara di seluruh dunia, termasuk Jepang. Kendaraan Suzuki telah berhasil dipasarkan di 184 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Diantara berbagai produk Suzuki, Suzuki Alto, yang telah ada selama 44 tahun sejak pertama kali dirilis pada tahun 1979, menyumbang 20% dari total penjualan global Suzuki dengan mencatatkan penjualan hingga 16,01 juta unit. Mobil ini telah menjadi model perwakilan asal Jepang yang tersedia di seluruh dunia, terutama berperan penting dalam penjualan di India.

Selanjutnya, WagonR Series mencatatkan penjualan hingga 9,5 juta unit atau berkontribusi sebesar 11,8% dari total penjualan global perusahaan. Lini mobil paling laris selanjutnya adalah Swift type dengan 8,95 juta unit penjualan, Every type dengan 8,39 juta unit penjualan, Carry type dengan 7,28 juta unit penjualan, Vitara series dengan 3,95 juta unit penjualan, dan Jimny Series dengan 3,33 juta unit penjualan.

”Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pelanggan kami yang telah menggunakan produk Suzuki. Suzuki Alto memiliki catatan penjualan tertinggi, dan memiliki peran penting terhadap kendaraan mini milik Suzuki dan juga sejarah Suzuki sendiri,” ujar Presiden Suzuki Motor Corporation, Toshihiro Suzuki.

Kedepannya, Suzuki akan terus memproduksi mobil yang dibangun dengan sudut pandang konsumen yang ada di seluruh dunia dan menyediakan produk yang memiliki nilai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.