Suzuki XL 7
Transportasi dan Logistik

Penjualan Mobil Suzuki Melonjak 60% di Kuartal Pertama 2024, Berikut Sederet Faktornya

  • Secara keseluruhan, kinerja penjualan Suzuki yang solid pada kuartal pertama 2024 menunjukkan keberhasilan pendekatan perusahaan yang berorientasi pada konsumen, dengan menekankan produk berkualitas, dukungan purnajual yang kuat, dan kemitraan strategis dengan jaringan dealer.

Transportasi dan Logistik

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Suzuki melaporkan lonjakan penjualan sebesar 60% selama kuartal pertama tahun 2024 dibandingkan dengan kuartal terakhir tahun 2023.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkap lonjakan ini dapat dikaitkan dengan beberapa faktor kunci yang mendorong permintaan konsumen akan kendaraan yang nyaman, efisien, dan berkualitas. 

“Pada bulan Maret 2024 lalu kami menerima catatan penjualan yang baik lewat kendaraan komersial maupun passenger hybrid Suzuki. Catatan positif ini turut mencerminkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap kendaraan Suzuki,”  terang Departemen Head of 4W Sales PT SIS, Randy R. Murdoko, di Jakarta dikutip Senin 29 April 2024.

Di antara faktor-faktor tersebut adalah antusiasme masyarakat terhadap liburan mudik Lebaran bulan kemarin, serta diperkuat dengan kepercayaan yang semakin tumbuh terhadap merek dan produk Suzuki.

Konsumen dinilai semakin antusias dengan kendaraan Suzuki seiring dengan perkembangan mesin yang canggih, teknologi, dan layanan purnajual yang mumpuni.

Strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk menyambut musim mudik juga turut berperan penting dalam meningkatkan penjualan.

Penjualan Kendaraan Hybrid Meningkat 40% 

Penjualan kendaraan hybrid Suzuki melonjak 40% pada kuartal pertama 2024, menyumbang 51% dari total penjualan merek ini. 

Model New XL7 Hybrid menjadi favorit di antara konsumen, mendominasi pertumbuhan penjualan. Popularitas kendaraan hybrid mencerminkan tren yang lebih pada pilihan transportasi yang ramah lingkungan dan efisien. 

Faktor Keberhasilan  

Keberhasilan Suzuki dalam mempertahankan dan memperluas pangsa pasarnya dapat dikaitkan dengan beberapa strategi kunci:

Kolaborasi dengan Jaringan Dealer dan Bengkel Resmi

Kerjas ama Suzuki dengan jaringan dealer dan bengkel resminya telah menjadi faktor penting dalam memberikan dukungan yang dapat diandalkan kepada pelanggan di seluruh Indonesia

Komitmen terhadap Pelayanan Pelanggan

Komitmen yang kuat untuk memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa telah memperkuat reputasi Suzuki dan loyalitas konsumen.

Fokus pada Produk Berkualitas dan Dukungan Purnajual.

Penekanan Suzuki pada produksi kendaraan berkualitas tinggi serta pelayanan purnajual yang efektif telah meningkatkan kepuasan pelanggan dan tingkat retensi.

Secara keseluruhan, kinerja penjualan Suzuki yang solid pada kuartal pertama 2024 menunjukkan keberhasilan pendekatan perusahaan yang berorientasi pada konsumen, dengan menekankan produk berkualitas, dukungan purnajual yang kuat, dan kemitraan strategis dengan jaringan dealer.

"ini merupakan hasil usaha bersama mulai dari jaringan dealer resmi hingga purnajual yaitu bengkel resmi yang berkomitmen untuk memberi pelayanan maksimal demi kepuasan dan kepercayaan para pelanggan setia kami,” tambah Randy.

Tren positif ini diharapkan akan semakin memperkokoh posisi Suzuki di pasar otomotif Indonesia