Konferensi pers MDRT Day yang diselenggarakan di Rumah AAJI, Jakarta, Senin, 10 Juni 2024.
IKNB

Penjualan Premi via Keagenan Masih Anjlok, Industri Tegaskan Tak Akan Kurangi Jumlah Agen

  • Menurut catatan AAJI, pada kuartal I-2024, penjualan premi via agen menyusut 0,26% secara year-on-year (yoy) dari Rp14,53 triliun menjadi Rp14,16 triliun.
IKNB
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan bahwa industri masih akan menambah jumlah agen walaupun penjualan premi melalui kanal distribusi keagenan tercatat anjlok pada kuartal I-2024.

Menurut catatan AAJI, pada kuartal I-2024, penjualan premi via agen menyusut 0,26% secara year-on-year (yoy) dari Rp14,53 triliun menjadi Rp14,16 triliun. 

Penurunan tersebut terjadi juga pada kuartal I tahun lalu, tepatnya menurun sebesar 0,2% yoy dari Rp14,64 triliun yang tercatat pada tiga bulan pertama tahun 2022 menjadi Rp14,53 triliun pada periode yang sama pada tahun 2023. 

Pada kuartal I-2023, penjualan premi melalui kanal bancassurance menukik lebih tajam dibanding keagenan, yakni mencapai 13,1% yoy dari Rp21,87 triliun menjadi Rp19 triliun.

Namun, pada akhir kuartal I-2024, penjualan premi asuransi jiwa melalui bancassurance berhasil memulih dan mencetak pertumbuhan positif walaupun masih cenderung tipis, yakni sebesar 0,5 dari Rp19 triliun menjadi Rp19,09 triliun. 

Tidak hanya bancassurance, penjualan premi melalui kanal distribusi alternatif pun mencatatkan pertumbuhan setelah sebelumnya alami penyusutan. 

Pada akhir kuartal pertama tahun ini, penjualan premi melalui distribusi alternatif meningkat 5,6% yoy dari Rp12,07 triliun menjadi Rp12,75 triliun. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, penjualan premi melalui distribusi alternatif mengalami penyusutan 3,3% yoy dari Rp12,48 triliun menjadi Rp12,07 triliun.

Untuk diketahui, distribusi alternatif dalam penjualan premi asuransi adalah metode penjualan melalui kerja sama dengan industri keuangan nonbank (IKNB), telemarketingdirect marketingbrokere-commerceemployee benefit consultant, dan sebagainya.

Kualitas dan Jumlah Agen Akan Ditingkatkan

Togar mengatakan, saat ini ada sekitar 50-an perusahaan asuransi jiwa dan ada 500 ribu lebih agen yang bergerak untuk memasarkan polis kepada masyarakat. 

“Kita tidak menargetkan (pertambahan jumlah agen). Yang kita sekarang lihat adalah bagaimana meningkatkan kualitas agen ini, dan aturan main perpindahan agen dari satu perusahaan ke perusahaan lain dan menambah jumlah agar semakin banyak orang yang menjadi tenaga pemasar di asuransi jiwa. Tidak hanya yang sudah ada, tapi menambah orang baru,” ujar Togar kepada para wartawan seusai konferensi pers Million Dollar Round Table (MDRT) Day di Rumah AAJI, Senin, 10 Juni 2024. 

Terkait dengan penurunan jumlah premi melalui kanal keagenan, Togar mengatakan bahwa hal tersebut lebih dipengaruhi oleh situasi ekonomi global yang masih dipenuhi ketidakpastian sehingga sebagian besar masyarakat lebih berhati-hati dalam mengalokasikan uangnya. 

Berhubung penetrasi, kesadaran, dan literasi masyarakat Indonesia masih terbilang rendah untuk sektor asuransi, maka pada akhirnya industri pun turut terdampak dengan terjadinya penurunan penjualan premi. 

Sementara itu, kanal bancassurance dan distribusi alternatif bisa mencatat pertumbuhan karena produk asuransi dijual secara bundling, bukan produk asuransi yang berdiri sendiri. 

Togar menegaskan bahwa peran agen masih sangat krusial dalam memasarkan produk asuransi, baik itu jiwa maupun umum. 

“Bicara soal prospek, kita (industri asuransi) selalu percaya bahwa agen itu tidak mungkin tidak dibutuhkan. Mereka inilah yang berhadapan langsung (dengan masyarakat). Jadi peran mereka sangat krusial,” papar Togar. 

Kemudian, soal penjualan premi yang menurun pada kuartal I-2024, Togar mengatakan bahwa itu hanyalah catatan dalam tiga bulan pertama di tahun ini, di mana masyarakat juga masih wait and see dalam mengalokasikan dananya. 

Baca Juga: Penjualan Premi Asuransi via Agen Masih Memburuk, Masyarakat Kurang Percaya?

Event MDRT Day dalam Rangka Tingkatkan Kualitas Agen

Million Dollar Round Table (MDRT) Indonesia, sebuah asosiasi penasihat keuangan asuransi, memandang bahwa tantangan yang dihadapi saat ini justru merupakan peluang besar untuk mendorong pertumbuhan asuransi jiwa. 

Perusahaan asuransi dapat fokus pada peningkatan edukasi, menggali potensi, dan melakukan ekspansi yang lebih luas.

MDRT berfungsi sebagai wadah bagi para profesional asuransi dari seluruh dunia untuk mencetak agen asuransi jiwa yang unggul. 

MDRT Day, sebuah agenda tahunan, diselenggarakan untuk memungkinkan para agen tumbuh bersama sebagai bagian dari MDRT. 

Pada tahun 2024, MDRT Day akan mengusung tema "Unlimited Goals, Unlimited Gains," yang bertujuan mendorong peserta keluar dari zona nyaman dan memaksimalkan potensi diri mereka. Filosofi ini menggambarkan pencapaian tanpa batas dan usaha yang tiada henti untuk mencapai hasil maksimal.

Anwar Aonillah, MDRT Indonesia Country Chair 2023-2024, menjelaskan bahwa MDRT Day Indonesia 2024 memberikan inspirasi, motivasi, dan pengetahuan kepada peserta untuk menantang diri mereka. 

“MDRT Day Indonesia 2024 memberi ruang inspirasi, motivasi dan pengetahuan kepada para peserta untuk menantang diri, mendorong profesionalisme melalui peningkatan kompetensi dan kapasitas untuk menjadi financial advisor yang handal,” tutur Anwar dalam kesempatan yang sama.

Acara ini bertujuan mendorong profesionalisme melalui peningkatan kompetensi dan kapasitas, sehingga mereka dapat menjadi penasihat keuangan yang handal. 

Tema "Unlimited Goals, Unlimited Gains" adalah bagian dari misi MDRT untuk memberikan solusi asuransi jiwa yang tidak hanya melindungi tetapi juga memberdayakan agen untuk bermimpi besar dan mencapai tujuan hidup mereka tanpa batas.

Seminar ini merupakan ajang untuk mengeksplorasi konsep industri asuransi terkini serta cara memanfaatkannya guna mencapai tujuan tanpa batas. 

Para pembicara akan berbagi pengalaman tentang cara mencapai tujuan, baik secara individu maupun bersama tim, serta bagaimana ketekunan bisa membawa mereka keluar dari kegagalan.

Dengan program pelatihan dan sertifikasi yang komprehensif, MDRT memastikan bahwa agen-agen dipersiapkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Keanggotaan MDRT diakui secara internasional sebagai standar mutu tinggi dalam dunia jasa asuransi jiwa dan keuangan. 

Hingga 5 Juni 2024, keanggotaan MDRT di Indonesia telah mencapai 2.563 anggota, dengan 878 anggota baru di tahun 2024, dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring pertumbuhan industri asuransi jiwa di Indonesia.

Menurut Togar, MDRT Day 2024 adalah momentum penting bagi para penggelut bidan asuransi untuk memperoleh inspirasi dan pengetahuan baru. 

“Dengan menghadirkan pembicara berpengalaman dari dalam dan luar negeri, kami berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan diri dan meningkatkan profesionalitas untuk bisa meraih tujuan yang lebih besar dalam karir mereka,” ungkap Togar. 

Togar mengatakan, agen asuransi merupakan ujung tombak perusahaan yang mempengaruhi kinerja dan perlindungan finansial masyarakat. 

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan jumlah dan kompetensi agen agar dapat mewujudkan pertumbuhan asuransi yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Togar juga menambahkan bahwa profesi agen asuransi dapat menjadi pilihan karir yang menarik bagi masyarakat. Bergabung dalam bisnis asuransi jiwa memberikan kesempatan untuk membantu perencanaan keuangan masyarakat serta berbagai manfaat termasuk penghasilan tambahan. 

Agen asuransi jiwa memainkan peran penting dalam memberikan layanan keuangan yang dibutuhkan masyarakat, sambil membangun karir yang stabil dan menjanjikan di industri yang terus berkembang ini.

Ketua Komite MDRT Day Indonesia 2024, Rudy Setiawan, menjelaskan bahwa MDRT Day tahun ini akan berkolaborasi dengan praktisi internasional dan domestik.

“MDRT Day di tahun 2024 berkolaborasi dengan praktisi internasional dan domestik, bertujuan memberikan ide-ide menarik dan aplikatif, membuka pintu kesempatan tanpa batas, serta memberikan pemahaman lebih mendalam tentang cara mencapai impian yang lebih besar,” tutur Togar. 

Acara ini akan diselenggarakan pada 18 Juli 2024 di The Kasablanka Hall, Jakarta, untuk memberikan akses yang lebih mudah dan strategis bagi peserta dari berbagai daerah.

MDRT Day 2024 akan menghadirkan berbagai pembicara ahli dan kompeten di setiap sesi seminar. Acara ini terdiri dari dua sesi utama yaitu Main Platform dan MDRT Speaks. 

Pada sesi Main Platform, Presiden MDRT Gregory B. Gagne, dengan 25 tahun keanggotaan MDRT, akan tampil bersama Kelvin Pong Ming Onn, anggota MDRT dari Brunei dengan 17 tahun keanggotaan dan 3 kali Court of the Table, Shalyn Lee, Executive Wealth Director dengan pengalaman keanggotaan MDRT selama 7 tahun, Jensen Slaw, Global Motivational Speaker, dan Edward Suhadi, Creative Director Ceritera yang aktif sebagai creativepreneur, siap berbagi pengalaman.

Selain sesi Main Platform, MDRT 2024 juga menyajikan sesi MDRT Speaks, di mana 8 agen dari Indonesia akan memberikan pengalaman inspiratif mereka kepada peserta. Sesi MDRT Speaks ini akan menyajikan konten mulai dari ide penjualan hingga motivasi.

Untuk menghadiri MDRT Day Indonesia 2024, calon peserta dapat mengunjungi Instagram MDRT Indonesia dan meng-klik biografi, lalu akan tersedia menu 'Tiket MDRT Day Indonesia 2024'. Pembelian tiket dapat dilakukan secara perorangan dengan harga Early Bird Rp 688.000 dan tiket reguler Rp 888.000 yang dapat dibeli pada hari pelaksanaan acara.

Acara MDRT Day Indonesia 2024 disponsori oleh beberapa perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Para sponsor terbagi menjadi beberapa kategori: Platinum Sponsor (PT FWD Insurance Indonesia, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT AIA Financial), Gold Sponsor (PT Prudential Life Assurance), serta Bronze Sponsor (PT Asuransi Jiwa Sequis Life, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, PT Chubb Life Insurance Indonesia, PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk, PT Panin Dai-ichi Life).