<p>Warga mengakses salah satu platform e-commerce untuk berbelanja secara daring melalui gawai dalam rangka Hari Belanja Online Nasional atau &#8216;Harbolnas 11.11&#8217; di Tangerang, Banten, Rabu, 11 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Fintech

Penjualan Tokopedia Melonjak 1,5 Kali Lipat di Indonesia Bagian Barat

  • E-commerce PT Tokopedia menemukan perilaku belanja online masyarakat yang tinggi khususnya di Indonesia bagian barat menjelang akhir 2021.
Fintech
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - E-commerce PT Tokopedia menemukan perilaku belanja online masyarakat yang tinggi khususnya di Indonesia bagian barat menjelang akhir 2021. Transaksi belanja melalui e-comerce Tokopedia hampir 1,5 kali lipat dibadingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Kami mencatat adanya peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat khususnya di wilayah Indonesia bagian barat. Selama menjelang akhir tahun 2021 peningkatan terjadi dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wiaya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 27 Desember 2021.

Ekhel mengatakan peningkatan terjadi didorong adanya inisiatif yang diluncurkan Tokopedia salah satunya program Hyperlocal. Inisiatif ini disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah, dengan tujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, supaya masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien.

"Memberikan kesempatan yang sama kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh. Khusus di wilayah Indonesia bagian barat, kategori rumah tangga dan perawatan diri, makanan dan minuman serta elektronik, menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia menjelang akhir tahun 2021," ucap Ekhel Chandra

Di sisi lain, jumlah penjual Tokopedia juga mengalami peningkatan. Saat ini sudah terjadi 1,5 kali lipat peningkatan penjual khususnya di wilayah Indonesia Barat, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.