elon musk
Korporasi

Penjualan Turun, Tesla Bakal Pangkas 20 Persen Karyawan

  • CEO Tesla, Elon Musk bakal memangkas 20% jumlah karyawannya.
Korporasi
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

CALIFORNIA - CEO Tesla, Elon Musk bakal memangkas 20% jumlah karyawannya. Adapun langkah korporasi ini diambil lantaran penjualan Tesla mengalami penurunan pada kuartal pertama tahun 2024.

Mengutip Insider Senin, 22 April 2024, pengurangan karyawan sebanyak 20% setara dengan kinerja perusahaan Tesla yang mengalami penurunan penjualan jika dibanding kuartal sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, awal bulan ini, Tesla mengatakan telah mengirimkan 386,810 mobil pada kuartal pertama tahun 2024. Angka ini turun 20,1% dari kuartal sebelumnya. Penurunan pengiriman tersebut merupakan kinerja kuartalan terendah perusahaan sejak tahun 2022.

Sebelumnya, Musk telah mengumumkan serangkaian PHK massal di Tesla minggu lalu. Dalam memonya kepada staf, miliarder itu mengatakan perusahaannya memangkas lebih dari 10% jumlah karyawannya.

“Selama bertahun-tahun, kami telah berkembang pesat dengan banyaknya pabrik yang tersebar di seluruh dunia,” tulis Musk. “Dengan pertumbuhan yang pesat ini, terjadi duplikasi peran dan fungsi pekerjaan di bidang tertentu,” tambahnya dalam memo tersebut.

Sebelum PHK, Tesla tercatat telah mempekerjakan lebih dari 140.000 orang secara global.

Faktor Lain

Selain penurunan penjualan , perusahaan juga harus menghadapi persaingan yang semakin ketat dari perusahaan mobil China seperti BYD.

Pada bulan Januari lalu, Musk telah mengatakan kepada investor dalam sebuah laporan pendapatan bahwa produsen mobil Tiongkok adalah perusahaan mobil paling kompetitif di dunia.

Masalah Tesla yang semakin besar telah menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan Musk menjalankan banyak bisnis secara bersamaan. Selain memimpin Tesla, Musk juga sibuk dengan usaha lain seperti SpaceX , The Boring Company , Neuralink , X , dan xAI .

Meski begitu, Musk bersikukuh bahwa PHK diperlukan untuk menjaga Tesla tetap ramping inovatif, dan haus akan siklus fase pertumbuhan berikutnya, sesuai memonya kepada staf minggu lalu.

“Tidak ada yang lebih saya benci, tapi itu harus dilakukan,” tulisnya.