Direktur Trimegah Karya Pratama, Riky Boy Permata menunjukkan fitur aplikasi Ultra Voucher di Jakarta, Selasa, 4 Januari 2021.
Korporasi

Penjualan Voucher Merangkak Naik, Laba Bersih Trimegah Karya Pratama (UVCR) Meroket 113 Persen

  • Kenaikan laba bersih tersebut didukung oleh pendapatan perseroan yang mengalami peningkatan signifikan sebesar 30% dari Rp939 miliar pada 2021 menjadi Rp1,22 triliun.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Trimegah Karya Pratama Tbk (UVCR) membukukan kenaikan laba bersih 113% seiring dengan penjualan voucher yang merangkak naik pada tahun 2022.

Pada tahun 2022, UVCR mencatat laba bersih sebesar Rp11,8 miliar, naik signifikan dari Rp5,5 miliar pada 2021.

Kenaikan laba bersih tersebut didukung oleh pendapatan perseroan yang mengalami peningkatan signifikan sebesar 30% dari Rp939 miliar pada 2021 menjadi Rp1,22 triliun.

Kenaikan ini berdasarkan dari penjualan voucher digital dan fisik sebesar Rp1,2 triliun dan Rp1,9 miliar dari transaksi biller serta Rp1,6 miliar dari pendapatan lainnya.

Sementara laba bersih terdongkrak naik, aset UVCR pun mengalami kenaikan 13,4% dari Rp96,17 miliar pada 2021 menjadi Rp109,12 miliar.

Seiring dengan kenaikan aset, liabilitas perseroan pun meningkat 9,24% dari Rp17,96 miliar menjadi Rp19,62 miliar. Dengan demikian, ekuitas UVCR pada 2022 tercatat sebesar Rp89,05 miliar dengan peningkatan 14%.

Direktur Utama UVCR Hady Kuswanto mengatakan, pertumbuhan laba bersih perseroan yang cukup baik ini didasari oleh sinergi dan ekspansi bisnis yang dilakukan oleh perseroan yang tidak hanya berlandaskan kepada wiliyah, namun juga terhadap adopsi teknologi yang diterapkan di seluruh lini produk dan jasa perseroan.

Pencapaian kinerja UVCR di tahun 2022 pun dikatakan Hady didukung oleh adaptasi cepat perseroan dalam melihat momentum masyarakat untuk menggunakan voucher sebagai sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Adaptasi kami juga tidak terbatas hanya kepada individu, melainkan secara universal solusi kami pun dapat mendukung pertumbuhan dari berbagai perusahaan terhadap kebutuhan voucher, katalog, hingga loyalty," ujar Hady melalui keterangan yang diterima TrenAsia, Senin, 3 April 2023.

Direktur UVCR Riky Boy H. Permata menuturkan bahwa solusi yang ditawarkan pihaknya bersifat universal.

Produk dan jasa dari UVCR dapat digunakan langsung oleh pengguna lewat aplikasi, e-commerce, dan gift card.

UVCR pun menawarkan corporate solution untuk membantu perusahaan lainnnya bertumbuh dan memiliki fitur voucher, katalog, dan loyalty engine.

UVCR pun dikatakan Riky akan terus berinovasi untuk menciptakan valuable added solutions and services yang dapat digunakan seluruh pihak.

"Oleh karena itu, di tahun 2023 dan melihat industri saat ini, kami memiliki harapan untuk dapat mencapai target pendapatan di Rp1,8 triliun. Hal ini diharapkan dapat terwujud dengan konsisten dalam memperkuat sinergi, melakukan ekspansi bisnis yang terukur, dan penguatan di seluruh lini solusi perseroan untuk dapat mencapai visi kami menjadi the biggest platform in reward and everyday services di Indonesia," pungkas Riky.