Ponsel, smartphone, whatsapp
Tekno

Penting! 5 Hal yang Harus Dilakukan di WhatsApp Agar Terhindar dari Penipuan

  • Simak beberapa hal yang harus dilakukan di WhatsApp agar terhindar dari penipuan.

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Setiap pemilik ponsel tampaknya hampir selalu menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi untuk berkomunikasi dan terhubung dengan orang lain. Sebagai aplikasi perpesanan paling populer di dunia, aplikasi ini jelas menjadi favorit banyak orang yang ingin tetap berhubungan dengan cara yang aman dan terenkripsi. 

Akan tetapi, di balik kemudahan yang ditawarkan oleh WhatsApp, ada kekurangannya yaitu sering dimanfaatkan oleh oknum penipu tidak bertanggung jawab yang mencoba menjebak para korban agar mereka bisa mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, cara terbaik dalam menghadapi risiko tersebut adalah dengan memastikan Anda menerapkan pengaturan keamanan di WhatsApp. 

Tips Agar Tetap Aman Saat Menggunakan WhatsApp

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar tetap aman saat menggunakan WhatsApp.

1. Aktifkan Pembaruan Otomatis

Penting untuk selalu memperbarui aplikasi WhatsApp Anda karena pembaruan atau update hampir selalu mencakup perbaikan atau 'tambalan' untuk kerentanan dan ancaman baru. Pembaruan otomatis akan memastikan Anda bisa menghadapi risiko keamanan jika lupa memperbarui perangkat lunak sendiri.

2. Berhati-hatilah dengan Apa yang Anda Bagikan 

Jangan pernah membagikan data pribadi atau informasi keuangan penting pada aplikasi apapun termasuk WhatsApp. Hal ini karena dikhawatirkan ketika jika perangkat Anda jatuh ke tangan yang salah atau terinfeksi spyware atau malware. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi apapun, tidak hanya WhatsApp untuk menjaga agar informasi pribadi Anda tetap rapi dan rapi.  

3. Lindungi Perangkat Anda dari Spyware 

Untuk mencegah perangkat Anda disusupi oleh perangkat lunak berbahaya, pastikan perangkat Anda memiliki perangkat lunak atau aplikasi keamanan seluler yang terbaik untuk melindungi semua jenis perangkat dari ancaman dunia maya. 

4. Abaikan Pesan Mencurigakan 

Siapapun dapat mengirim pesan kepada siapapun di WhatsApp. Oleh karena itu, tidak dapat dihindari Anda menerima beberapa pesan acak atau tampak mencurigakan.

Selalu berhati-hati dan jangan langsung menanggapi pesan dari orang yang tidak Anda kenal. Jika Anda menerima penawaran promosi dari perusahaan yang cukup menggiurkan, langsung kunjungi websitenya dengan mencarinya di Google terlebih dahulu untuk konfirmasi. Penipu sering kali mengirimkan 1000-an email dengan tawaran menggiurkan dan link ke situs web jahat dengan harapan seseorang akan terjebak.

5. Tambahkan Nomor Pin 

Pastikan Anda mengaktifkan otentikasi 2 faktor untuk mengamankan akun WhatsApp Anda dan memastikan peretas tidak dapat mengunduh akun Anda di ponsel mereka. Tanpa nomor pin 6 digit Anda, peretas tidak dapat masuk ke akun Anda, meskipun mereka mendapatkan kode SMS yang mereka perlukan untuk mengaktifkan akun Anda di perangkat lain.

Itu tadi beberapa hal yang harus dilakukan di WhatsApp agar terhindar dari penipuan.