Penting untuk Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Syarat Membuat SKCK
Gaya Hidup

Penting untuk Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Syarat Membuat SKCK

  • Cara dan syarat membuat SKCK yang digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Rekrutmen Bersama BUMN 2023 adalah salah satu peluang mencari kerja di BUMN yang selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Hal ini karena pada Rekrutmen Bersama BUMN ini, Anda bisa mengetahui dan melamar berbagai posisi di perusahaan BUMN yang tersedia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rekrutmen calon karyawan BUMN akan diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). 

Bagi Anda yang ingin mendaftar lowongan kerja pada Rekrutmen Bersama BUMN 2023 ini, Anda harus mempersiapkan berbagai persyaratan yang diperlukan mulai dari sekarang. Seperti yang ditelusuri dari akun Instagram @fhci.bumn, hal ini karena pembukaan dan registrasi online Rekrutmen Bersama BUMN 2023 dibuka mulai 11 Mei 2023 nanti.

Dokumen yang perlu dipersiapkan yaitu data diri seperti KTP, dokumen atau berkas pendidikan seperti ijazah dan transkrip nilai, serta dokumen pendukung seperti SKCK, sertifikat kompetensi, sertifikat prestasi, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, surat rekomendasi, dan sebagainya.

Nah, bagi Anda yang ingin jauh-jauh hari mempersiapkan SKCK, Anda bisa mulai membuat SKCK dengan menyiapkan beberapa syarat berikut ini.

Cara dan Syarat Membuat SKCK untuk Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Cara dan Syarat Membuat SKCK untuk Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Bagi Anda yang telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti:

  1. Fotokopi KTP dengan menunjukkan KTP asli.
  2. Fotokopi Paspor.
  3. Fotokopi akte lahir atau surat kenal lahir atau ijazah atau surat nikah.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Dokumen Sidik Jari dan rumus sidik jari.
  6. Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP.
  7. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar dengan latar belakang merah, foto berpakaian sopan dan berkerah, foto tidak menggunakan aksesori wajah, tampak muka, dan bagi pemohon yang menggunakan jilbab pas foto harus tampak muka secara utuh.

Kemudian, buka halaman resmi pendaftaran SKCK online yang ada di skck.polri.go.id. Pilih menu formulir pendaftaran yang ada di pojok kanan atas.

Untuk opsi ‘Jenis Keperluan’, pilih sesuai alasan Anda saat mengajukan pembuatan SKCK. Pilih kesatuan wilayah untuk melakukan proses pembuatan dan pengambilan SKCK, sebaiknya sesuai KTP.

Isi alamat Anda sesuai KTP, lalu pilih cara pembayaran apakah secara tunai melalui loket atau BRIVA atau BRI Virtual Account. Jika sudah mengisi kolom dengan lengkap, klik ‘Lanjut’ di bagian kanan bawah.

Lengkapi form hubungan keluarga, pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, dan unggah lampiran dokumen yang diminta. Anda juga perlu melampirkan rumus sidik jari yang bisa Anda peroleh di kantor Polres sesuai domisili Anda.

Itu tadi cara dan syarat membuat SKCK yang digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023.