<p>Penumpukan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. / Istimewa</p>
Nasional

Penumpang Menumpuk di Bandara Soeta, Angkasa Pura II Bakal Evaluasi

  • PT Angkasa Pura II (Persero) membenarkan telah terjadi penumpukan antrean calon penumpang pesawat di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis, 14 Mei 2020 pukul 04.00 WIB. Antrean tersebut menumpuk di posko pemeriksaan dokumen perjalanan.

Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

PT Angkasa Pura II (Persero) membenarkan telah terjadi penumpukan antrean calon penumpang pesawat di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis, 14 Mei 2020 pukul 04.00 WIB. Antrean tersebut menumpuk di posko pemeriksaan dokumen perjalanan.

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta Febri Toga mengungkapkan, personel telah berupaya penuh mengatur antrean, namun calon penumpang yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4 bandara yang dikelola AP II tersebut.

“Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB di mana tiket calon penumpang dijadwalkan antara pukul 06.00 – 08.00 WIB,” kata dia dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020.

Di sela waktu tersebut, lanjutnya, terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan yang hampir bersamaan, yakni 11 penerbangan Lion Air Group dan dua penerbangan Citilink.

Untuk itu, ke depannya ia akan melakukan penataan jadwal keberangkatan penerbangan. Selain itu, seluruh stakeholder juga akan mengevaluasi jadwal supaya waktu keberangkatan tidak berdekatan.

Operasional penerbangan ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18/2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Ia pun menekankan agar calon penumpang tetap menaati prosedur dan persyaratan, seperti verifikasi kelengkapan dokumen oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang terdapat di posko pemeriksaan.

Adapun dokumen yang dimaksud, meliputi tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat hasil pemeriksaan negatif COVID-19, dan dokumen lainnya yang tercantum dalam surat edaran resmi pemerintah.

“Saat ini sudah tidak ada antrean lagi di Terminal 2. Kami selalu berupaya untuk menjaga physical distancing di setiap area. Penerapan physical distancing di Soekarno-Hatta juga akan dievaluasi berkala melihat situasi dan kondisi terkini yang cukup dinamis,” ujar Febri Toga. (SKO)