Nampak aktifitas calon penumpang pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Banten. Kamis 2 Februari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

Penumpang Pesawat Diprediksikan Tembus 169 Juta Tahun Ini

  • PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II menargetkan, adanya peningkatan penumpang pesawat pada 2024 bahkan menembus 169 juta penumpang seiring pulihnya industri penerbangan usai COVID-19.
Transportasi dan Logistik
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II menargetkan, adanya peningkatan penumpang pesawat pada 2024 bahkan menembus 169 juta penumpang seiring pulihnya industri penerbangan usai COVID-19.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, Wahyudi merinci untuk angkasa pura I menargetkan kenaikan penumpang 12% dibandingkan tahun sebelumnya atau di angka 78 juta pergerakan penumpang di 15 bandara.

"Tahun ini kita rencanakan 78 juta. Ada kenaikan sekitar 12% terkait dengan potensi atau prediksi kami di 2024," ucap Wahyudi dalam Diskusi Forwahub Potensi Penumpang Udara 2024 di Kementerian Perhubungan pada Kamis, 6 Maret 2024.

Wahyudi mengungkapkan jika pihaknya terus menggenyut penyelesaian pembangunan dan bautifikasi bandara di mana saat ini sudah ada 10 bangunan dan bautifikasi bandara yang diselesaikan.

Angkasa Pura I menyebut, pembangunan atau bautifikasi bandara ada yang belum selesai pasalnya terkendala hantaman pandemi COVID-19. Hanya tersisa satu bandara yang belum selesai, yakni Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (SHIAM), Sulawesi Selatan.

Realisasi trafik AP I hingga Februari 2024 mencatat total 10,6 pergerakan penumpang terjadi melalui angkasa Pura I. Gimana pada bulan Januari pergerakan pesawat sebanyak 46.597 mof dan gimana pada bulan Januari pergerakan pesawat sebanyak 46.597 mof dan pada bulan Februari pergerakan pesawat di angka 41,472 mov.

Dalam kesempatan yang sama, VP of Corporate Communications Angkasa Pura II, Cin Asmoro mengatakan pihaknya menargetkan kenaikan penumpang 13% untuk 2024, jumlahnya mencapai 91,08 juta penumpang di 20 bandara.

Cin mencatat bahwa sejumlah hari raya menjadi momen mengenjot penambahan penumpang seperti Hari Raya Lebaran serta Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Angkasa Pura II menyebut sepanjang 2023 10 destinasi penerbangan domestik yang menjadi buruan penumpang yaitu Bali, Medan, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Pontianak Palembang, Padang, Yogyakarta dan Pekanbaru.

Sedangkan untuk rute penerbangan internasional yang pertama Singapura, Kuala lumpur, Jeddah, Doha, Bangkok Thailand, Hongkong, Dubai, Seoul, Madinah dan Taipei Taiwan.

Sepanjang 2023 traffic domestik di angkasa pura 2 masih mendominasi yaitu sebesar 82% sedangkan internasional 18%.