Kanselir Olaf Scholz Berbicara di Sebelah Menteri Keuangan Christian Lindner dan Menteri Ekonomi dan Menteri Iklim Robert Habeck dalam Sidang di Majelis Parlemen Jerman (Reuters/Annegret Hilse)
Dunia

Penundaan Anggaran Bikin Jerman Alami Ketidakpastian Ekonomi

  • Koalisi Kanselir Jerman Olaf Scholz menunda pembicaraan tentang anggaran tahun depan tanpa batas waktu. Hal itu karena mereka tengah berjuang untuk menemukan jalan keluar dari krisis yang disebabkan keputusan pengadilan yang membuat lubang keuangan sebesar 60 miliar euro (US$65 miliar).
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Koalisi Kanselir Jerman Olaf Scholz menunda pembicaraan tentang anggaran tahun depan tanpa batas waktu. Hal itu karena mereka tengah berjuang untuk menemukan jalan keluar dari krisis yang disebabkan keputusan pengadilan yang membuat lubang keuangan sebesar 60 miliar euro (US$65 miliar).

Penundaan pembicaraan, yang dijadwalkan di parlemen pada hari Kamis, 23 November 2023, menggarisbawahi tantangan yang dihadapi pemerintah setelah mahkamah konstitusi memblokir transfer dana pandemi yang tidak terpakai ke investasi ramah lingkungan dan dukungan industri.

Ini telah memicu peringatan bahwa pertumbuhan ekonomi Jerman yang sudah goyah dapat terhambat tahun depan dan proyek serta subsidi untuk menjaga persaingan industrinya sekarang berada dalam risiko.

Tiga partai dalam koalisi yang tidak begitu harmonis dengan Partai Sosial Demokrat (SPD) di bawah Scholz, bersama Partai Hijau dan Partai Free Democrats yang pro-bisnis, sedang berusaha mencari solusi untuk tetap memenuhi sebanyak mungkin janji pengeluaran dan membuatnya sesuai dengan hukum.

Pilihan mereka termasuk menyusun anggaran tambahan untuk tahun 2023 dan menangguhkan pembatasan utang yang diterapkan oleh Jerman sebelum mengembalikannya untuk tahun depan. “Tujuan kami adalah membahas anggaran dengan cepat tetapi dengan hati-hati,” kata pernyataan bersama anggota parlemen partai yang berkuasa, dikutip dari Reuters, Kamis.

Dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni di Berlin, Scholz menyatakan anggaran yang diusulkan akan segera dipertimbangkan secara mendesak di parlemen, tetapi tetap memberikan waktu yang cukup untuk pemeriksaan yang hati-hati.

Penundaan tersebut telah meningkatkan ketidakpastian tentang pengeluaran di semua bidang ekonomi Jerman dan berarti anggaran 2024 mungkin tidak akan selesai sebelum akhir tahun.

Pemerintah telah memberlakukan pembekuan sebagian besar komitmen pengeluaran baru dan memblokir pengeluaran dari Dana Stabilisasi Ekonomi 200 miliar euro untuk tahun ini. Hampir setiap item pengeluaran yang belum disetujui secara resmi mengudara. Di antara ketidakpastian tersebut adalah bantuan untuk Ukraina.

Pemerintah telah merencanakan untuk menggandakan bantuan militer ke Ukraina menjadi 8 miliar euro tahun depan, tetapi juru bicara kementerian pertahanan tidak akan membahas apakah janji itu akan ditepati, mengacu pada diskusi yang sedang berlangsung.

“Dampak politis dari keputusan pengadilan konstitusi Jerman terus mengguncang politik Jerman dan sekarang juga memengaruhi politik Uni Eropa,” kata catatan oleh Eurasia Group.

“Membuat kesepakatan atas anggaran UE yang direvisi menjadi jauh lebih tidak mungkin dalam Konsil Eropa 14-15 Desember, bahkan mengancam komitmen UE sebesar €50 miliar untuk mendanai Ukraina hingga 2027.”

Industri Desak Kejelasan

Menteri Ekonomi Partai Hijau, Robert Habeck, telah memperingatkan bahwa posisi Jerman sebagai pusat investasi dipertaruhkan, serta lapangan kerja, dan para pemimpin industri telah menyerukan kejelasan dengan cepat.

“Industri Jerman melihat situasi politik saat ini dengan perhatian terbesar,” kata Siegfried Russwurm, presiden asosiasi industri BDI. Menggarisbawahi kegelisahan tersebut, seorang menteri di negara bagian Saxony-Anhalt memperingatkan miliaran subsidi untuk pembuat chip AS (INTC.O) berada dalam risiko.

Langkah seperti itu, dan ancaman serupa terhadap investasi oleh pembuat chip Taiwan TSMC (2330.TW), akan melemahkan rencana Jerman untuk mendasarkan industri kritis di tanah air sebagai bagian dari perombakan kebijakan setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Sejauh ini, Berlin telah terjebak oleh kesepakatan subsidi 10 miliar euro dengan Intel, yang akan mengembangkan dua pabrik pembuat chip. “Saya dengan tegas berasumsi bahwa komitmen untuk Intel dan TSMC akan tetap ada,” kata seorang sumber pemerintah. “Ini sangat penting bagi kanselir, serta menteri ekonomi.”

Asosiasi otomotif berpengaruh VDA, yang mewakili raksasa seperti BMW (BMWG.DE) dan Volkswagen serta pemasok kecil, mendesak pemerintah untuk memberikan dasar perencanaan yang jelas dan dapat diandalkan secepat mungkin.

“Pemerintah harus lebih berkomitmen dan bertekad daripada sebelumnya dalam mendorong kemitraan energi dan perjanjian perdagangan serta bahan baku untuk memperkuat Jerman sebagai lokasi industri,” kata juru bicara VDA.

Perusahaan industri Thyssenkrupp (TKAG.DE) mengakui bahwa keributan anggaran dapat berdampak pada sektor hidrogen Jerman, sebuah industri yang baru berkembang dan diharapkan banyak oleh Scholz.

“Kita perlu terlibat dalam percakapan dengan pemasok-pemasok hidrogen yang mungkin, dan kemudian mendapatkan jawaban dari mereka. Ini akan terjadi dalam beberapa bulan pertama tahun 2024 dan kita akan melihat sejauh mana ketersediaan hidrogen,” kata CEO Miguel Lopez.