Kantor multifinance PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) / Dok. CNAF
Korporasi

Per November, Laba Kotor CIMB Niaga Auto Finance Capai Rp269 Miliar

  • Ini didorong oleh penyaluran pembiayaan baru (booking) sebesar Rp4,8 triliun, naik signifikan 43% dari tahun sebelumnya sebesar Rp3,4 triliun.
Korporasi
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) mencatatkan laba sebelum pajak (profit before tax/PBT) sebesar Rp269 miliar atau tumbuh 5% (year on year /yoy) per akhir November 2021 dibanding posisi November 2020 sebesar Rp256 miliar. Ini didorong oleh penyaluran pembiayaan baru (booking) sebesar Rp4,8 triliun, naik signifikan 43% dari tahun sebelumnya sebesar Rp3,4 triliun.

Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman mengatakan, sejalan dengan pertumbuhan laba kotor tersebut, perseroan juga berhasil meningkatkan aset perusahaan menjadi Rp4,5 triliun, naik sebesar 19% dibanding periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp3,8 triliun.

“Sejalan dengan peningkatan aset, perseroan tetap mempertahankan rasio kredit bermasalah (non performing financing/NPF) di bawah rata-rata industri yaitu sebesar 1,22%,” kata Ristiawan dalam keterangan resmi seperti dikutip Selasa, 4 januari 2022. 

Adapun, rasio-rasio keuangan lainnya juga terjaga. Per November 2021, return on assets (ROA) dan return on equity (ROE) perseroan masing-masing tercatat sebesar 7,18% dan 12,43%.

Perusahaan juga terus melakukan efisiensi, yang terlihat dari penurunan beban operasional (BOPO) perusahaan menjadi 66,71% di bulan November 2021, turun 9% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar 76,59%.  Hal ini didukung oleh berbagai proses otomasi dan digitalisasi.

Ditambahkan Ristiawan, untuk tahun 2022, perseroan akan meluncurkan Virtual Exhibition dengan memanfaatkan platform model 3D sebagai bagian melanjutkan transformasi digital.

Keunggulannya, percakapan langsung dengan perwakilan perseroan dan partner, simulasi pembiayaan yang fleksibel sesuai tenor maupun down payment (DP), dan beragam program menarik lainnya.

"Nasabah dapat secara langsung mengeksplorasi beragam tipe mobil dan fitur yang ditawarkan. Nasabah pun dapat mengajukan pembiayaan secara instan melalui CNAF Mobile yang terintegrasi di dalam pameran virtual tersebut.  Kami tetap mengusung value proposition cepat dan mudah," tambah Ristiawan.