<p>KSAD Jenderal Andika Perkasa/Foto:Minenews</p>
Nasional

Perang Bintang PDIP vs KIM di Jateng: Jenderal Andika Lawan Jenderal Ahmad Luthfi

  • PDIP secara resmi mengusung Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, sementara Koalisi Indonesia Maju (KIM) diperkirakan akan mengusung Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi, mantan Kapolda Jateng.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

SEMARANG - Peta politik di Jawa Tengah (Jateng) semakin menarik dengan persaingan dua tokoh besar dari kalangan militer dan Polri yang akan bertarung dalam Pilkada 2024. 

PDIP secara resmi mengusung Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, sementara Koalisi Indonesia Maju (KIM) diperkirakan akan mengusung Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi, mantan Kapolda Jateng. 

Pertarungan ini diperkirakan akan menjadi ajang "Perang Bintang," mengingat keduanya memiliki rekam jejak yang mengesankan di dunia militer, polisi dan politik.

PDIP Usung Jenderal Andika Perkasa

PDIP resmi mengusung Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa sebagai calon gubernur. Keputusan ini diumumkan oleh Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, dalam acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Gelombang Tiga yang digelar di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Hasto menegaskan Andika adalah sosok yang tepat untuk melanjutkan kepemimpinan di Jateng, mengingat pengalaman dan kredibilitasnya sebagai mantan Panglima TNI.

"Mrantasi, beresin apa yang perlu diberesin. Loyalitas untuk rakyat dan negara tidak akan pernah pudar dalam diri saya," terang Andika di kantor DPP PDIP, di Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024.

Bersama Andika, PDIP juga mengusung mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi alias Hendi, sebagai calon wakil gubernur. Hendi dikenal memiliki rekam jejak yang baik selama memimpin Semarang, dengan berbagai prestasi yang telah diraih. 

Penyerahan Surat Keputusan (SK) pengusungan Andika dan Hendi dilakukan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Di momen penting ini, atas restu keluarga dan dukungan semua pihak, saya akan berjuang untuk masyarakat,  apapun hasilnya nanti, semoga menjadi yang terbaik untuk masyarakat Jawa Tengah," terang Andika.

KIM Usung Jenderal Ahmad Luthfi

Di sisi lain, Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mengusung Jenderal Ahmad Luthfi sebagai lawan tanding bagi Andika. Luthfi yang merupakan mantan Kapolda Jawa Tengah, memiliki pengalaman yang mendalam dalam bidang keamanan dan penegakan hukum di wilayah Jateng. 

Rekam jejaknya yang bersih dan kedekatannya dengan masyarakat dianggap menjadi modal kuat bagi KIM untuk merebut hati pemilih di Jateng.

"Pada kesempatan ini pula saya selaku Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah mengimbau kepada seluruh kader, relawan, dan simpatisan untuk langsung bergerak bahu-membahu memenangkan pasangan Ahmad Luthfi dan Gus Taj Yasin," terang Sudaryono, Ketua DPD Gerindra Jateng, sekaligus Wakil Menteri Pertanian, di Jakarta, dilansir Antara, Senin, 26 Agustus 2024.

Dengan adanya pertarungan dua jenderal purnawirawan di arena Pilkada Jawa Tengah, pertarungan politik kali ini diprediksi akan menjadi salah satu yang paling sengit dalam sejarah Pilkada di Jateng. Kedua kandidat memiliki latar belakang perwira yang kuat, serta dukungan partai-partai besar yang memiliki basis massa yang luas di wilayah tersebut.