Bandara Kertajati
Transportasi dan Logistik

Perbaikan Fasilitas Bandara Kertajati Ditargetkan Selesai Sebelum 29 oktober

  • Saat ini terdapat beberapa maskapai seperti AirAsia Indonesia, Super Air Jet dan Citilink yang melayani tujuh rute penerbangan di Bandara Kertajati.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

MAJALENGKA - Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, menegaskan bahwa semua perbaikan fasilitas di bandara akan selesai sebelum 29 Oktober 2023. Dengan begitu, pengelola memastikan pembukaan operasional bandara tersebut tidak akan terganggu. 

"Sedang dalam perbaikan. Itu sebelum 29 Oktober selesai," kata Direktur Utama PT BIJB, Muhammad Singgih pada Minggu, 15 Oktober 2023 di Majalengka seperti dilansir Antara.

Singgih menjelaskan bahwa perbaikan tersebut dilakukan untuk meningkatkan fasilitas mengingat pada akhir Oktober 2023 Bandara Kertajati akan membuka kegiatan penerbangan komersial. Secara keseluruhan, Singgih memastikan bahwa sarana dan fasilitas di Bandara Kertajati telah siap digunakan oleh penumpang yang akan melakukan perjalanan udara melalui bandara tersebut. 

Singgih menambahkan pada tanggal 29 Oktober, bandara ini akan memulai operasionalnya dengan tujuh rute termasuk penerbangan menuju Makassar, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Kualanamu, Batam, dan Palembang.

Singgih menjelaskan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk merangsang minat mencoba penerbangan dari Bandara Kertajati. 

"Itu start awal dari tujuh rute tersebut. Nanti berikutnya akan mengikuti perkembangan," ujar Singgih.

Selain itu, Singgih mengungkapkan bahwa seluruh tenant di Bandara Kertajati akan dibuka secara bersamaan dengan dimulainya operasi penerbangan.

"Tenant akan beroperasi langsung, pada dasarnya mereka sudah beroperasi di sini. Nanti 29 Oktober, begitu memulai penerbangan langsung beroperasi kembali," sebut Singgih.

Singgih juga menyebut bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas pariwisata setempat untuk berkolaborasi dan memastikan daerah sekitar Bandara Kertajati merasakan dampak positif dari pembukaan penerbangan komersial di bandara tersebut.

Menurut informasi sebelumnya, saat ini terdapat beberapa maskapai seperti AirAsia Indonesia, Super Air Jet dan Citilink yang melayani tujuh rute penerbangan di Bandara Kertajati.

"Untuk penumpang sesuai perkembangan, saya belum ngecek. Tapi dapat dipastikan penerbangan itu terjadi," tutup Singgih.