Nampak sejumlah pekerja menggunakan alat berat menyelesaikan pembangunan jalan tol Serpong - Balaraja (Serbaraja) di kawasan Rawa Buntu , Tangerang Selatan Selasa 8 Maret 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Perbaikan Tol Kapal Betung Ditargetkan Rampung10 Hari Jelang Lebaran 2022

  • Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapal Betung) akan selesai pada H-10 Lebaran untuk menyambut arus mudik 2022.

Nasional

Liza Zahara

JAKARTA - PT Waskita Toll Road yang mengerjakan perbaikan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapal Betung) menargetkan jalan tersebut akan selesai pada H-10 Lebaran untuk menyambut arus mudik 2022.

Direktur Utama PT Waskita Sriwijaya Tol Herwidiakto mengatakan pihaknya juga sedang melakukan pemeliharaan jalan pada ruas tol Kapal Betung. Pemeliharaan dilakukan yakni mendeteksi dan menutup lubang atau retak di badan jalan, serta menyiapkan aspal cold mix untuk penanganan sementara sebelum dilakukan penutupan permanen.

"Petugas kebersihan juga akan menginpeksi kondisi ruas tol terutama pada saluran air untuk dipastikan tidak adanya penyumbangan berpotensi aquaplaning. Serta memastikan rambu lalu lintas di sepanjang jalan dalam kondisi baik," kata Herwidiakto dalam keterangan resmi, Selasa, 5 April 2022.

Herwidiakto melanambahkan, saat ini terus dilakukan monitor kondisi jalan, pemeliharaan, dan perbaikan dengan target seluruh jalan dalam kondisi baik sesuai waktu yang telah ditetapkan. Hal itu dilakukan dengan sebaik mungkin agar memperlancar arus mudik, serta menjaga kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tol.

Waskita Sriwijaya Tol juga telah menyiagakan unit patroli jalan tol, ambulance, kendaraan derek, kendaraan patroli jalan raya, dan kendaraan darurat yang siaga penuh selama 24 jam untuk mengantisipasi arus mudik pada 2022.

Selain itu, antisipasi lain dari kepadatan lalu lintas dan transaksi telah disiapkan gardu tambahan pada gerbang tol, lajur khusus bagi pengguna jalan yang kurang saldo, dan petugas keliling yang mengoperasikan mobile reader untuk memungut tarif dan mengecek kecukupan saldo.

Petugas call center dan patroli juga disiapkan selama 24 jam untuk melayani pengguna jalan yang mengalami kendala dengan kendaraannya saat melintasi jalan tol Kapal Betung.

Untuk diketahui, Jalan Tol Kapal Betung yang sedang diperbaiki menggunakan aspal coldmix asal Kore Selatan sebagai upaya perbaikan jalan berlubang secara permanen. Adapun perbaikan jalan tol ini sudah dilakukan sejak 8 Januari 2022 dan pengerjaan dikebut agar bisa digunakan saat mudik Lebaran 2022.