Demonstrasi penanganan APAR khusus untuk kebakaran konsleting yang mengakibatkan ledakan baterei pada kendaraan listrik dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran 17-21 Mei 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Periklindo Demonstrasikan Penanganan Kebakaran Baterai Pada Motor Listrik

  •  Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) kembali menggelar pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di Jakar
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) kembali menggelar pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, 17-21 Mei 2023. Tahun ini, PEVS 2023 diikuti oleh 81 peserta yang terdiri dari kategori roda empat, roda dua, hingga industri pendukung kendaraan listrik. 

Salah satu yang menarik adalah edukasi penanganan bahaya kebakaran yg diakibatkan oleh konsleting listrik atau ledakan baterai karena panas yang berlebih. Kebakaran yang bersumber pada baterai di kendaraan listrik memiliki efek yang bermacam-macam. 

Pada baterai lithium-ion, jika terjadi kebakaran bisa terjadi ledakan. Penonton diperlihatkan bahwa ledakan baterai tidak bisa dijinakkan dengan alat pemadam (APAR) yang umum ada dipasaran dengan materi powder based, ini akan membuat api semakin sulit terkendali. Untuk meredam amukan api pada kebakaran yang ditimbulkan dari ledakan aki lithium-ion, hanya diperlukan water based chemical. 

Karena “ramuan” kimiawi ini sifatnya mendinginkan dan mencegah penyalaan ulang. BAST salah satu produsen alat pemadam mendemonstrasikan penggunaan alat bermateri water base chemical yang ramah lingkungan dan aman bagi manusia. Produk dengan kode Af31-lfk ini sudah mendapatkan serifikat UL greenguard.

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia.