Pendiri RANS Entertaintment, Raffi Ahmad
Industri

Perjalanan IPO RANS: Dari Garasi hingga Punya Valuasi Rp3 Triliun

  • RANS Entertaintment menjadi salah satu perusahaan yang tengah berancang-ancang melantai ke bursa saham.
Industri
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—RANS Entertaintment menjadi salah satu perusahaan yang tengah berancang-ancang melantai ke bursa saham. Siapa sangka, perusahaan besar milik pesohor Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini awalnya dibangun dari sebuah garasi. Valuasi RANS kini bahkan mencapai Rp3 triliun. Capaian itu menguatkan tekad mereka untuk segera melakukan penawaran saham perdana atau IPO. 

Kisah itu dibagikan Raffi dan Nagita dalam siaran YouTube Noice, pekan lalu. Nagita mengatakan RANS dirintis dari garasi rumahnya yang terletak di Green Andara Residence. Hanya tiga orang yang mengawali sepak terjang perusahaan tersebut. “Aku masih ingat banget, anak-anak kantor dulu cuma di garasi rumah,” ujar Nagita.

Saking sederhananya, ruangan tersebut seringkali membuat penghuninya kepanasan. Tidak ada AC yang terpasang di sana. “Cuma pakai meja dan kipas angin,” imbuh Nagita. Namun kerja keras mereka membuat RANS bisa memiliki kantor sendiri di kawasan Andara, Depok. Raffi dan Nagita menyewa sebuah rumah untu perusahaan yang bergerak di bidang media dan kreatif itu. Kini rumah produksi yang berdiri tahun 2015 itu bahkan siap membuka kantor baru di kawasan BSD, Tangerang Selatan. 

Raffi mengklaim perusahaan yang dirintis dari garasi tersebut kini memiliki valuasi cukup tinggi. “Kamu percaya enggak, sekarang RANS valuasinya sudah hampir Rp3 triliun,” ujarnya. Raffi mengatakan penghitungan valuasi tersebut tidak dilakukannya sendiri, melainkan oleh tiga perusahaan besar yang berniat bergabung ke RANS. “Ibaratnya mau bergabung sama kami, due diligence mereka yang menilai sendiri,” jelas Raffi.

Modal tersebut membuat RANS yakin untuk segera melantai di bursa saham. Menurut Raffi, pihaknya kini masih menunggu momen yang tepat agar IPO dapat berjalan lancar. Dia menargetkan bisnis RANS dapat berkelanjutan dengan ikut melantai di bursa saham. “Kami sedang proses, sabar saja, tunggu momen yang pas. Mudah-mudahan RANS to the moon,” ujar Raffi.

Dalam struktur RANS Entertaintment, Raffi menjabat sebagai founder dengan Nagita Slavina selau CEO. Adapun putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, didapuk menjadi komisaris sejak tahun 2021 dan Sutanto Hartono sebagai executive chairman.