Scott Morrison, Mantan Perdana Menteri Australia (EUROPEAN PHOTO PRESS AGENCY)
Dunia

Perjalanan Scott Morrison, Eks PM Australia yang Mundur Dari Politik

  • Pengunduran diri Morrison telah lama diperkirakan menyusul kekalahan telak dalam pemilihan dari Partai Buruh Anthony Albanese pada tahun 2022, di mana partainya kehilangan 18 kursi.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Mantan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, telah mengumumkan ia akan mengundurkan diri dari parlemen untuk bergabung dengan sektor swasta.

Morrison, seorang konservatif yang pertama kali terpilih pada tahun 2007, menjadi pemimpin negara dari tahun 2018 hingga 2022.

Ia mengawasi tanggapan pandemi Australia, pakta pertahanan Aukus, dan terlibat dalam skandal bersejarah karena secara rahasia menunjuk dirinya sendiri ke beberapa posisi menteri selama menjadi Perdana Menteri (PM).

“Waktunya telah tiba bagi saya untuk kembali ke kehidupan pribadi,” katanya, dikutip dari BBC, pada Selasa, 23 Januari 2024.

“Setelah bertugas di parlemen selama lebih dari enam belas tahun, termasuk hampir empat tahun sebagai Perdana Menteri selama masa yang sangat menantang bagi negara kita, sekaranglah waktunya untuk melangkah maju,” tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Morrison mengatakan dia sekarang akan mengambil peran penasihat strategis di seluruh Asia untuk fokus pada masalah keamanan di Indo-Pasifik.

Sebagai seorang Kristen yang taat, dia berharap untuk menjadi lebih aktif di gerejanya dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Pengunduran diri Morrison telah lama diperkirakan menyusul kekalahan telak dalam pemilihan dari Partai Buruh Anthony Albanese pada tahun 2022, di mana partainya kehilangan 18 kursi.

Reputasi Australia sebagai negara yang kurang responsif terhadap isu iklim menjadi faktor utama dalam kejatuhan pemerintahannya, dengan para pemilih lebih memilih kandidat yang berkomitmen pada pengurangan emisi yang lebih ambisius.

Kemudian pada tahun 2022, dia menjadi mantan perdana menteri pertama yang dikecam oleh parlemen Australia atas kekuasaan rahasia yang dia berikan pada dirinya sendiri selama pandemi.

Morrison mengatakan keputusannya untuk menjadikan dirinya menteri gabungan untuk kesehatan, keuangan, perbendaharaan, dan dalam negeri telah sesuai dengan masa-masa luar biasa yang dihadapi negara itu.

Penyelidikan menemukan pengangkatannya sah, dan bahwa dia menggunakan kekuatan ekstranya hanya sekali. Selama menjabat, Morrison memiliki hubungan yang sangat sulit dengan China, mitra dagang terbesar Australia.

Pemerintahnya memimpin seruan untuk penyelidikan internasional tentang asal-usul Covid, memicu perselisihan perdagangan sengit dan pembekuan diplomatik selama bertahun-tahun.

Dalam poros strategis, Morrison malah berfokus pada memperkuat aliansi keamanan Australia, membantu mendirikan kemitraan Quad dengan India, Jepang, dan Amerika Serikat (AS), serta menandatangani kesepakatan kapal selam nuklir Aukus dengan Inggris dan AS.

Pria berusia 55 tahun itu pertama kali mendapat perhatian nasional pada tahun 2013 ketika dia diangkat ke kabinet sebagai menteri imigrasi dan mengawasi Operation Sovereign Borders, yang memperkuat kebijakan kontroversial pencari suaka Australia.

Dia kemudian menjabat sebagai menteri pelayanan sosial dan bendahara, sebelum menggantikan Malcolm Turnbull sebagai pemimpin Partai Liberal dan perdana menteri. Morrison terkenal menentang jajak pendapat untuk memenangkan pemilihan federal 2019.

Setelah satu dekade menghadapi tantangan kepemimpinan politik di kedua partai besar yang menjungkirbalikkan pemerintahan, ia menjadi perdana menteri pertama yang menjalani masa jabatan penuh sejak John Howard pada 2007.