Ilustrasi Astra Honda Motor.
Hukum Bisnis

Perkara Merek, Astra Honda Motor Digugat Perusahaan Sepeda Amerika

  • Trek Bicycle Corporation selaku penggugat merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang produksi sepeda dari Amerika Serikat.
Hukum Bisnis
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) digugat perusahaan Amerika Serikat (AS) bernama Trek Bicycle Corporation dalam perkara terkait merek. Belum jelas petitum atau gugatan yang dilayangkan perusahaan dari Negeri Paman Sam itu pada Astra.

Dilansir dari Sistem Penelusuran Informasi Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (SIPP PN Jakpus), Rabu 12 Juli 2023, gugatan itu telah terdaftar di PN Jakpus pada 7 Juli 2023. Perkara gugatan merek tersebut telah teregister dengan nomor 70/Pdt.Sus-HKI/Merek/2023/PN Niaga Jkt.Pst. 

Belum diketahui informasi detail mengenai gugatan merek yang dilayangkan oleh Trek Bicycle Corporation. Dalam penelusuran di SIPP PN Jakpus, informasi masih sebatas nama penggugat dan tergugat. Adapun jadwal sidang pertama dalam kasus gugatan merek ini juga belum ditetapkan.

Perusahaan Otomotif Terkemuka

PT Astra Honda Motor (AHM) selaku pihak tergugat merupakan salah satu perusahaan otomotif besar di Indonesia. Perusahaan ini memainkan peran penting dalam industri sepeda motor Indonesia dan telah menjadi salah satu produsen sepeda motor terkemuka di tanah air. AHM juga menjadi agen tunggal agen tunggal pemegang merek sepeda motor honda di Indonesia.

Adapun Trek Bicycle Corporation selaku penggugat merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang produksi sepeda. Perusahaan asal Negeri Paman Sam ini dikenal memproduksi berbagai sepeda berkualitas tinggi dan teknologi inovatif dalam industri bidangnya. 

Tidak hanya memproduksi sepeda untuk berbagai keperluan, Trek juga memproduksi berbagai macam aksesori dan pakaian bersepeda seperti helm, sepatu, pakaian bersepeda, komponen sepeda, serta ragam aksesori sepeda. Produknya tersebar di berbagai negara termasuk di Indonesia.