Nasional

Perketat Prokes, Pemerintah Perbanyak Gerai Masker di Venue PON Papua

  • Untuk memperketat penerapan protokol kesehatan, pemerintah berencana memperbanyak gerai masker di beberapa lokasi venue perhelatan PON XX Papua 2021.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Untuk memperketat penerapan protokol kesehatan, pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana memperbanyak gerai masker di beberapa venue perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Humas BNPB Abdul Muhari mengatakan, saat ini ada 6 gerai masker yang sudah dibuka diantaranya berlokasi di Lapangan Mandala, Gor Cendrawasih, Lapangan Universitas Cendrawasih, Jembatan Youtefa, Gor Politeknik Penerbangan, dan Gor Waringin.

Direncanakan, sebanyak 1.000 masker setiap harinya akan dibagikan dalam PON Papua dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan. 
Para relawan prokes akan membagikan masker kepada para masyarakat, staff kontingen, panitia, dan para penonton yang hadir dalam gelaran PON XX Papua.

"Sebanyak 125 relawan protokol kesehatan dikerahkan dalam kegiatan ini. Pembagian malalui gerai masker ini sudah dimulai sejak kemarin (25/9) dan dilanjutkan hingga perhelatan PON XX Papua berlangsung," katanya dalam keterangan resmi, Minggu, 26 September 2021.

Abdul menambahkan, pemerintah akan memperbanyak gerai masker agar bisa menjangkau lebih banyak venue PON Papua demi mendukungnya penerapan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, gerakan mobil masker juga terus digerakan secara masif untuk membagikan masker ke para warga Papua yang tengah melakukan aktivitas, terutama di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

"Himbauan untuk menghindari kerumunan juga digaungkan disela pembagian masker, hal ini rentan terjadi usai pertandingan cabang olahraga favorit digelar," kata Abdul.*