Perkuat Daya Tarik Wisata, Banyuwangi Akan Revitalisasi Pasar Kembangkan Kawasan Wisata Sejarah
Nasional

Perkuat Daya Tarik Wisata, Banyuwangi Akan Revitalisasi Pasar Kembangkan Kawasan Wisata Sejarah

  • Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tengah mengembangkan kawasan wisata sejara dengan revitalisasi Pasar Banyuwangi.

Nasional

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tengah mengembangkan kawasan wisata sejarah. Ide ini turut didukung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akan segera direvitalisasi eks Kantor Dagang Inggris dan Pasar Banyuwangi yang berada di pusat kota. 

“Selain eks Kantor Dagang Inggris atau yang biasa dikenal dengan Asrama Inggrisan, Kementerian PUPR akan memugar Pasar Banyuwangi yang juga bangunan bersejarah. Anggarannya sudah disiapkan, pelaksanaannya tahun depan (2024). Insyaallah lancar, mohon doa dan dukungan masyarakat,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, seperti yang dikutip Trenasia pada Selasa, 7 November 2023.

Ipuk menjelaskan bahwa Pemkab Banyuwangi telah bertemu dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada awal September lalu. Dari pertemuan itu, Kementerian PUPR menyatakan akan membiayai revitalisasi Asrama Inggrisan dan Pasar Banyuwangi.  

Ipuk meyakini bahwa revitalisasi pasar Banyuwangi akan memperkuat daya tarik wisata mengingat letak pasar induk ini berada tepat di jantung kota Banyuwangi. Selain itu, di dekat pasar juga terdapat bangunan cagar budaya eks kantor Kamar Dagang Inggris. 

Diharapkan dengan adanya revitalisasi mampu meningkatkan kunjungan masyarakat ke pasar sehingga pasar bisa benar-benar menjadi pusat perbelanjaan yang menjanjikan bagi para pedagangnya serta nyaman bagi para pembelinya.

Pekan lalu, tim Kementerian PUPR telah datang dan melakukan survey terkait pelaksanaan revitalisasi Asrama Inggrisan dan Pasar Banyuwangi. Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Essy Asiah, telah memaparkan rencana revitalisasi Pasar Banyuwangi kepada Bupati Ipuk. Pembangunan akan tetap mempertahankan fasad bangunan asli karena pintu gerbangnya adalah bangunan bersejarah.

Bangunan bagian depan Pasar Banyuwangi yang termasuk cagar budaya hanya akan direvitalisasi. Sementara bagian belakang bidak-bidak pedagang yang beratap seng akan dibongkar. Kemudian dibangun kembali dengan lebih modern namun tetap mengadopsi arsitektur lokal Osing. 

Bangunan pasar tersebut, gedung utamanya akan dibangun dua lantai, dibagi atas pasar basah, pasar kering dan area kuliner. Selain itu, pasar juga dilengkapi dengan gedung parkir yang dibangun tiga lantai.

Bupati Ipuk juga telah menggelar pertemuan dengan para pedagang pasar di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, pada Kamis malam 2 November 2023 lalu. Ipuk menjelaskan konsep pasar ke depan, pasar yang tidak hanya untuk tempat berbelanja harian, namun bisa menjadi destinasi wisata.