Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi (ketiga kanan) didampingi Presiden Komisaris Bersama Digital Data Centres Setyanto Hantoro (ketiga kiri), Presiden Direktur Bersama Digital Data Centres Angelo Syailendra (kedua kanan), Komisaris Bersama Digital Data Centres Andi Esfandi (kiri), Direktur Bersama Digital Infrastructure Asia Michael Soeryadjaya (kedua kiri), dan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Muhammad Arif (kanan) secara resmi melakukan topping off BDDC JST di Jakarta, 21 November 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Perkuat Ekosistem Digital, BDDC Gelar Topping Off JST Site Pusat Data Tier IV

  • Dengan meningkatnya penetrasi internet dan transisi ke ekonomi digital, kebutuhan akan infrastruktur digital menjadi semakin krusial.
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Bersama Digital Data Centres (BDDC), pusat data dalam kota (in-town data centre) yang menjadi pusat interkonektivitas dengan ekosistem digital terintegrasi menggelar seremoni penyelesaian pembangunan (topping off) BDDC JST1 (Jakarta - Selatan - Timur) 21 November 2023, yang merupakan pusat data tier IV BDDC di Jakarta. 

Setelah resmi diluncurkan pada Mei 2023, BDDC membuktikan komitmennya dengan memperkuat infrastruktur digital yang kini menjadi kebutuhan penting bagi berbagai sektor industri di Indonesia. BDDC hadir melalui akuisisi dari dua data center dalam kota yang diproyeksikan memiliki kapasitas mencapai 60 megawatt, dan akan memperkuat interkonektivitas di Jakarta. 

Berdasarkan Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 78,19 persen pada 2023 atau lebih dari 215 juta jiwa dari total populasi di Indonesia sebesar lebih dari 275 juta jiwa. Dengan meningkatnya penetrasi internet dan transisi ke ekonomi digital, kebutuhan akan infrastruktur digital menjadi semakin krusial. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia