Perkuat Keuangan Syariah RI, IsDB Kucurkan Rp1,47 Triliun ke SMI
Nasional

Perkuat Keuangan Syariah RI, IsDB Kucurkan Rp1,47 Triliun ke SMI

  • Islamic Development Bank (IsDB) mengucurkan fasilitas pembiayaan sebesar US$100 juta atau setara dengan Rp1,47 triliun kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Penandatanganan kesepakatan antara IsDB dan SMI digelar di Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu, 13Mei 2023.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Islamic Development Bank (IsDB) mengucurkan fasilitas pembiayaan sebesar US$100 juta atau setara dengan Rp1,47 triliun kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Penandatanganan kesepakatan antara IsDB dan SMI digelar di Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu, 13Mei 2023.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh VP Operations IsDB H.E. Dr. Mansur Muhtar dan Direktur Utama PT SMI Pak Edwin Syahruzad yang turut dihadiri oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

"Inisiatif bersejarah ini menandakan komitmen IsDB untuk mendukung prioritas pembangunan nasional Pemerintah Indonesia sekaligus mempromosikan ekosistem keuangan syariah sesuai dengan IsDB Group Member Country Partnership Strategy 2022-2025," kata Sri Mulyani melalui akun Instagramnya Senin, 15 Mei 2023.

Dana yang diberikan IsDB bertujuan untuk memperkuat keuangan syariah di Indonesia, serta mendukung prioritas pembangunan nasional pemerintah.

Kerja sama turut mencakup pembiayaan infrastruktur dan peningkatan kapasitas keuangan syariah di Indonesia, sejalan dengan strategi kemitraan IsDB untuk negara-negara anggotanya pada tahun 2022-2025.

Fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada SMI oleh IsDB sebelumnya telah disetujui dalam rapat Board of Executive Directors (BED) IsDB ke-351 pada 10 Mei 2023 yang merupakan bagian dari rangkaian IsDB Group Annual Meeting di Jeddah.

Sebagai lembaga keuangan yang berbasis syariah, IsDB telah menunjukkan komitmennya dalam mempromosikan ekosistem keuangan syariah di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

"Saya harap, seluruh proses dapat berjalan dengan lancar dan membawa kebaikan bagi seluruh pihak. Bagi Indonesia dan IsDB," ungkap Sri Mulyani.