Analis laboratorium sedang mengoperasikan alat di Laboratorium Diagnos,kini layanan laboratorium pemeriksaan lengkap dapat diakses oleh pasien-pasien di Klinik Permata Bunda, Bekasi. Selasa 26 Juli 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Perkuat Layanan Primary Care di Indonesia, Klinik Pintar Gandeng Diagnos untuk Solusi Laboratorium di Klinik

  • Jaringan klinik digital Klinik Pintar menjalin kerjasama dengan PT Diagnos Laboratorium Tbk. (DGNS) untuk meluncurkan fasilitas laboratorium di mitra kliniknya.
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Jaringan klinik digital Klinik Pintar menjalin kerjasama dengan PT Diagnos Laboratorium Tbk. (DGNS) untuk meluncurkan fasilitas laboratorium di mitra kliniknya. 

Inisiatif tersebut berangkat dari perhatian Klinik Pintar terhadap masalah mendasar yang dialami oleh banyak klinik kesehatan swasta di Indonesia saat ini, yakni kurangnya kelengkapan layanan kesehatan dasar (primary care), misalnya fasilitas pengambilan sampel dan laboratorium klinis.

Melalui adanya laboratorium di dalam klinik rekanan, pasien tidak perlu lagi tes dan mengambil hasil di lokasi yang berbeda. Seluruh proses mulai dari konsultasi, tes, pemeriksaan, maupun rujukan ke dokter spesialis bisa berjalan dengan efisien. 

Melalui platform digital Klinik Pintar, hasil tes laboratorium bisa langsung terintegrasi dengan data Rekam Medis yang ada di klinik sehingga pasien bisa langsung menerima hasil lab secara digital, bersamaan dengan resume medisnya.

Saat ini, mitra Klinik Pintar berjumlah lebih dari 180 mitra dan tersebar di lebih dari 60 kota di Indonesia. Guna mengoptimalkan manfaat pada mitranya, Klinik Pintar terus mengembangkan bisnis para mitra klinik melalui berbagai layanan seperti laboratorium, layanan preventif, dukungan pengadaan rantai pasok obat dan alkes, serta digitalisasi operasional melalui Klinik OS (Operating System). 

Dengan demikian, layanan kesehatan primer di Indonesia akan lebih kuat melalui berbagai program pemberdayaan klinik. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia