LPPF
Korporasi

Perkuat Pasar di Indonesia Timur, Matahari (LPPF) Buka Lagi Dua Gerai Baru di Sulawesi

  • Menuju libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) secara resmi membuka dua gerai baru di Sulawesi.
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Menuju libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) secara resmi membuka dua gerai baru di Sulawesi.

Adapun gerai baru tersebut adalah yang ketujuh dan kedepalan di Indonesia Timur, tepatnya di Kawanua City Walk Manado (Sulawesi Utara) dan di The Park Kendari (Sulawesi Tenggara).

CEO Matahari Terry O'Connor mengaku sangat senang dengan pembukaan dua gerai baru di Indonesia Timur tersebut.

"Kami sangat senang dengan pembukaan dua gerai baru Matahari di Kawanua City Walk dan The Park Kendari di musim perayaan ini. Selain memperkuat pangsa pasar kami di Sulawesi, Indonesia Timur, kami berharap kehadiran Matahari di Manado dan Kendari dapat membawa kebahagiaan dan nilai tambah bagi pelanggan yang merayakan libur Natal dan Tahun Baru," ungkapnya dalam rilis resmi, Jumat, 9 Desember 2022.

Terry menambahkan Kawanua City Walk berlokasi strategis di persimpangan jalan lingkar yang menghubungkan kota/kabupaten sekitar Manado dan dekat Bandara Sam Ratulangi serta perumahan dan hotel unggulan. Sementara The Park Kendari berada di jalan utama kota dan di sekitar pusat hiburan.

Matahari Kawanua City Walk merupakan gerai keempat di Sulawesi Utara dan keempat di Manado. Sementara itu Matahari The Park Kendari merupakan gerai keempat di Sulawesi Tenggara dan ketiga di Kendari.

"Kehadiran dua gerai baru Matahari tersebut membuat total menjadi 146 gerai di seluruh Indonesia," lanjut Terry.

Sampai akhir 2022, Matahari akan membuka dua gerai baru lainnya di Jakarta Timur dan Gresik, Jawa Timur. Sehingga total ekspansi gerai Matahari tahun ini menjadi 10 gerai baru.

Kemudian untuk tahun depan, Matahari akan membuka 12-15 gerai baru. Adapun untuk jumlah gerai yang akan dioperasikan secara nasional pada akhir 2022 menjadi 148 unit dan ditargetkan menjadi 160 atau lebih pada akhir 2023.

Terry melanjutkan, Matahari akan membuka sekitar 12 sampai 15 toko format besar atau department store. Dengan kebutuhan investasi di setiap toko mencapai Rp12 miliar, lalu untuk total capital expenditure (capex) yang dibutuhkan setidaknya mencapai Rp144 miliar atau 40% dari total alokasi.

Lebih lanjut, Terry menerangkan, alokasi capex pada 2023 akan dipakai untuk membuka gerai dalam format lebih kecil untuk merek-merek dalam portofolio Matahari.

Matahari juga rencananya akan meluncurkan jenama baru yaitu 'Suko' pada Mei atau Juni 2023 dengan jumlah gerai sebanyak 20 unit.