iFG Life
IKNB

Perkuat Pengelolaan Investasi, IFG Life Gunakan Sistem Terpadu dari KSEI

  • Kolaborasi ini menandai awal penggunaan sistem tersebut di pasar modal untuk perusahaan asuransi.

IKNB

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA – Untuk  memperkuat pengelolaan investasi yang pada gilirannya dalam memperkokoh permodalan perusahaan, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menggunakan sistem multi investasi terpadu yang diluncurkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). 

Pada  Selasa, 21 Mei 2024, KSEI secara resmi meluncurkan layanan Sistem Multi Investasi Terpadu (S-MULTIVEST) yang pertama kali digunakan oleh IFG Life. Kolaborasi ini menandai awal penggunaan sistem tersebut di pasar modal untuk perusahaan asuransi. Acara peluncuran ini diresmikan oleh Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat dan Direktur Utama IFG Life Hexana Tri Sasongko. 

Turut hadir menyaksikan acara ini Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi, serta direksi dan komisaris dari PT Bursa Efek Indonesia dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, bersama para tamu undangan lainnya. 

Selain itu, Direktur Syariah Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Pandji P. Djajanegara turut hadir sebagai Bank Kustodian yang bekerja sama dengan IFG Life untuk penggunaan S-MULTIVEST.

S-MULTIVEST adalah sebuah platform yang mengintegrasikan pemilik aset dengan pelaku industri investasi untuk penyelesaian transaksi multi-investasi. 

Platform ini memfasilitasi pengiriman instruksi, pemberian konfirmasi antar pihak, serta memenuhi kebutuhan pelaporan secara elektronik. 

Diluncurkan oleh KSEI sejak tahun 2021, S-MULTIVEST adalah pengembangan dari Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu (S-INVEST) yang telah meningkatkan efisiensi transaksi reksa dana sejak 2016. 

Kedua sistem ini adalah tonggak sejarah dalam pengembangan pasar modal Indonesia, menunjukkan keberhasilan KSEI dalam mengembangkan sistem terintegrasi untuk administrasi dan transaksi produk investasi.

Direktur Utama KSEI, Samsul Hidayat, mengungkapkan bahwa kerja sama ini akan memberikan banyak manfaat bagi pengguna S-MULTIVEST maupun regulator. 

Manfaat bagi pengguna termasuk efisiensi proses, platform yang terintegrasi, dan kemudahan pemantauan serta pelaporan. 

“Selain itu dengan adanya standarisasi proses, data yang terintegrasi, dan ketersedian data transaksi secara real time diharapkan dapat memberikan manfaat bagi regulator untuk mempermudah proses pengawasan oleh regulator terhadap pengguna S-MULTIVEST,” ujar Samsul dalam acara peluncuran S-MULTIVEST di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, 21 Mei 2024. 

Samsul juga berharap bahwa manfaat dari penggunaan S-MULTIVEST akan menarik lebih banyak pihak dari industri keuangan lainnya untuk mengikut jejak IFG Life dalam menggunakan S-MULTIVEST. 

Kerja sama penggunaan layanan Sistem Multi Investasi Terpadu antara KSEI dan IFG Life telah ditandatangani pada 16 Februari 2024. 

Transaksi Aset Investasi

Perjanjian ini menjadi dasar bagi IFG Life dalam melakukan transaksi aset investasi dari dana kelolaan produk asuransi, serta kegiatan lain terkait pencatatan dan pelaporan transaksi melalui S-MULTIVEST.

Direktur Investasi IFG Life, Mufri Dharmawan, menyatakan bahwa penggunaan S-MULTIVEST membuat operasional investasi lebih efisien dan transparan. 

Data transaksi yang dapat diakses kapan saja oleh regulator memastikan pengelolaan investasi dilakukan secara profesional dan dengan prinsip kehati-hatian, sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik (Good Coporate Governance/GCG) dan manajemen risiko.

Kerja sama ini akan memperkuat tata kelola investasi di IFG Life, sesuai dengan komitmen kami untuk memastikan proses bisnis yang akuntabel dan berkelanjutan bagi nasabah. 

Penggunaan S-MULTIVEST ini bertujuan untuk menjaga keamanan dana nasabah sehingga rencana masa depan pemegang polis IFG Life tetap terjaga. 

“IFG Life merupakan perusahaan asuransi pertama yang menggunakan sistem ini, bukti keseriusan kami menjaga amanat para nasabah” ujar Mufri.

Dalam mendukung implementasi ini, IFG Life bekerja sama dengan Bank Mandiri dan CIMB Niaga sebagai Bank Kustodian.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara, menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh KSEI. Menurut Pandji, kehadiran dan implementasi S-MULTIVEST menambah kapabilitas kanal distribusi dalam pengiriman instruksi transaksi nasabah kustodian CIMB Niaga, memberikan nilai tambah dalam hal validitas dan efisiensi waktu. 

“Diharapkan dengan adanya sistem S-MULTIVEST dari KSEI ini dapat memberi nilai tambah terhadap pelayanan untuk nasabah kustodian CIMB Niaga, khususnya dari sisi validitas dan efisiensi waktu dalam pengiriman instruksi,” tutur Pandji.