<p>Karyawan memberikan salam kepada nasabah di kantor cabang Bank Syariah Indonesia (BRIS) Jakarta Hasanudin, Jakarta, Rabu, 17 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Perkuat Segmen SME dan Mikro, BSI Kolaborasi dengan Fintech ALAMI

  • PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan PT Alami Fintek Sharia mengenai channeling penyaluran pembiayaan kepada SME berbasis teknologi informasi.
Korporasi
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan PT Alami Fintek Sharia mengenai channeling penyaluran pembiayaan kepada SME berbasis teknologi informasi.

Bank Syariah Indonesia dana ALAMI telah melakukan kesepakatan adanya kolaborasi penyaluran pembiayaan sesuai dengan prinsip syariah untuk segmen SME dan mikro melalui layanan aplikasi yang dimiliki ALAMI.

Direktur Retail Banking BSI, Kokok Alun Akbar mengatakan Bank Syariah Indonesia sedang tahap serius dalam memproses segmen SME dan UMKM  melalui media e-channel sehingga potensi bisnis dapat dioptimalkan dan memiliki keamanan yang berkualitas sesuai dengan prinsip syariah.

Sepanjang 2021 pembiayaan yang dilakukan kepada segmen UMKM telah mencapai Rp39,4 triliun dengan kualitas yang terjaga. Nilai tersebut berkisar 23,05% dari total penyaluran pembiayaan BSI. 

Sejalan dengan hal tersebut, BSI akan menyiapkan dana sekitar Rp50 miliar untuk digunakan para pelaku usaha SME dan UMKM yang telah mengajukan pembiayaan melalui fintek ALAMI.

Dengan adanya sinergi yang baik antara Bank Syariah Indonesia dan ALAMI membuat sebuah langkah untuk menjadi lembaga yang keuangan yang aman dan kuat sehingga dapat memperluas akses pembiayaan bagi pelaku usaha SME dan UMKM melalui media digital.

“Dengan kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan solusi bagi para pelaku UMKM untuk terus berkembang melalui layanan berbasis teknologi dan berprinsip syariah yang mengedepankan keadilan serta transparansi, sehingga mampu meningkatkan penetrasi pembiayaan UMKM dan mewujudkan percepatan ekonomi nasional yang berkelanjutan,” tutur Dima, CEO ALAMI dikutip pada media resmi Bank Syariah Indonesia.

Dengan adanya kolaborasi BSI dan ALAMI diharapkan menjadi sebuah langkah percepatan untuk tercapainya masyarakat Indonesia yang terus berkembang sesuai dengan prinsip syariah serta mendorong pertumbuhan industri syariah di Indonesia.