<p>PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo / Dok. MNC Bank</p>
Fintech

Perluas Akses Keuangan Masyarakat, Bank MNC Gandeng Indodana

  • PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) melakukan kerja sama penerusan pemberian fasilitas pinjaman (channeling) kepada PT Artha Dana Teknologi atau lebih dikenal dengan Indodana.
Fintech
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) menjalin kerja sama penerusan pemberian fasilitas pinjaman (channeling) dengan PT Artha Dana Teknologi atau lebih dikenal dengan Indodana. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperluas akses keuangan kepada masyarakat. 

Direktur Bisnis MNC Bank, Denny Hanubrata menyatakan bahwa kerja sama ini selaras dengan salah satu fokus bisnis bank, mendorong inklusi keuangan ke seluruh lapisan masyarakat. Menurutnya, banyak cara untuk mendorong terjadinya inklusi keuangan di Tanah Air.

“mulai dari meluncurkan MotionBanking dengan biometric onboarding-nya hingga berbagai kerja sama yang dilakukan dengan perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending, termasuk Indodana,” ujarnya, Kamis, 14 Oktober 2021.

Presiden Direktur Indodana, Ronny Wijaya menyebut kolaborasi ini adalah bukti kerja sama nyata antara bank dan fintech dalam upaya percepatan inklusi keuangan serta memperluas akses pembiayaan berbasis digital kepada masyarakat Indonesia.

“Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan MNC Bank untuk melakukan kerja sama penerusan pinjaman,” imbuhnya.

Multifinance and BPR Group Head MNC Bank, Iwan Hari Artanto berharap nantinya layanan perbankan digital MNC Bank, MotionBanking bisa merangkul pengguna Indodana. Salah satunya dengan cara mempromosikan layanan MotionBanking dan pengajuan kartu kredit MNC Bank. 

“Hal ini dimungkinkan karena MotionBanking dirancang dengan open API untuk integrasi secara seamless dengan platform digital pihak ketiga, seperti Indodana,” papar dia.

Sementara itu, Direktur Indodana, Jerry Anson mengungkapkan harapannya agar kerja sama ini dapat berjalan jangka panjang. Sehingga, dapat bersama-sama memajukan industri keuangan digital di Indonesia.

Di antaranya dengan meningkatkan akses produk keuangan digital seperti layanan paylater yang dapat diintegrasikan secara mendalam di banyak platform seperti di layanan platform digital banking seperti MotionBanking. 

“Besar harapan kami untuk bisa terus mengembangkan kerja sama ini dengan MNC Bank,” tutur Jerry.

Indodana merupakan platform paylater di Indonesia yang telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Penyelenggara Fintech Lending sejak 19 Mei 2020. Pengguna dapat memperoleh limit Paylater hingga Rp25 juta.

Indodana mengembangkan bisnis Paylater dengan menggandeng e-commerce dan Payment Gateway terkemuka seperti Tokopedia, Blibli, Tiket.com, Mitra Bukalapak, Elevenia, iStyle, dan Linkaja. Indodana juga telah bekerjasama dengan lebih dari 1.000 merchant dan gerai offline.

Hingga tahun 2021, Indodana telah memproses transaksi lebih dari Rp2 trilliun. Di mana aplikasi paylater ini telah didownload lebih dari 5 juta kali dan melayani masyarakat di lebih dari 35 kota di Indonesia.