PT Bank Net Syariah Tbk (BANK) atau Bank Aladin / Dok. Perseroan
Korporasi

Perluas Ekosistem, Bank Aladin Gandeng Insurtech ZA Tech

  • Menurut Dyota, melalui inisiatif ini produk asuransi digital akan semakin terjangkau oleh masyarakat luas, mengingat ZA Tech merupakan InsurTech yang sangat inovatif secara global dan memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam memberdayakan transformasi digital bisnis asuransi.
Korporasi
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) menggandeng ZA Tech Global Limited (ZA Tech) penyedia teknologi asuransi (InsurTech) terkemuka di Asia, untuk menjadi mitra strategis terbaru untuk berkolaborasi dengan Aladin Bank sebagai investor dan mitra bisnis, dan berkomitmen penuh untuk memperkuat ekosistem Aladin Bank. 

Presiden Direktur Aladin Bank Dyota Marsudi menyatakan kolaborasi  ini akan semakin menguatkan ekosistem perusahaan, setelah sebelumnya menggandeng jaringan toko ritel terbesar di Indonesia (Alfamart) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Kemitraan kedua didasari atas potensi InsurTech dalam menyediakan saluran distribusi alternatif untuk produk asuransi dan memungkinkan untuk diterima oleh konsumen di Indonesia. 

Melihat momentum tersebut, Aladin Bank dan ZA Tech berkolaborasi untuk memanfaatkan peluang ini, menggabungkan tujuan mereka untuk memberikan edukasi dan perencanaan keuangan dengan produk asuransi yang tepat dan terjangkau di Indonesia menjadi satu kesatuan visi. 

“Dengan cakupan kemitraan yang tidak terbatas hanya pada produk dan teknologi, ZA Tech dan Aladin Bank akan bekerja sama secara erat dalam jangka panjang. Pandangan jangka panjang ini dibuktikan dengan komitmen ZA Tech untuk menjadi investor Aladin Bank melalui proses Rights Issue terakhir yang sedang berlangsung,” kata dia dalam keterbukaan informasi BEI seperti dikutip Rabu, 6 April 2022.

ZA Tech merupakan perusahaan Joint Venture antara ZhongAn Technologies International Group Limited dan SoftBank Vision Fund 1 yang berfokus pada ekspor produk dan solusi InsurTech mutakhir ke perusahaan asuransi dan platform Internet. 

Saat ini, jejak ZA Tech menjangkau Jepang, Singapura, Thailand, dan pasar Asia lainnya. Pada tahun 2021, ZA Tech semakin memperluas bisnis InsurTech ke Eropa. ZA Tech telah menjalin kemitraan strategis dengan berbagai perusahaan asuransi dan platform Internet terkemuka di wilayah ini. 

Kemitraan teknologi digital regional yang telah terjalin yaitu dengan AIA, grup asuransi jiwa pan-Asia merupakan independen terbesar yang terdaftar secara publik, di pasar AIA di Asia tidak termasuk Tiongkok Daratan. 

Di Asia Tenggara, ZA Tech telah bekerja sama dengan Grab, perusahaan teknologi seluler decacorn, sedangkan di Indonesia telah bekerja sama dengan OVO, perusahaan dompet digital terkemuka. 

“Kerja sama ini untuk mendukung transformasi digital perusahaan asuransi, mempercepat adopsi InsurTech di Indonesia. Ini menandakan bahwa semakin banyak pemain besar yang melihat proposisi nilai Aladin Bank dalam memperluas jangkauan keuangan syariah di Indonesia. Melalui kerjasama ini, kami ingin meningkatkan sinergi khususnya di sektor asuransi Indonesia,” tambah Dyota.

Menurut Dyota, melalui inisiatif ini produk asuransi digital akan semakin terjangkau oleh masyarakat luas, mengingat ZA Tech merupakan InsurTech yang sangat inovatif secara global dan memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam memberdayakan transformasi digital bisnis asuransi. 

"Kami juga bangga ZA Tech masuk sebagai salah satu investor Aladin Bank. Hal ini tentunya akan memperkuat Aladin Bank sebagai bank digital, baik dari sisi permodalan maupun berbagai rencana bisnis strategis ke depan,” kata Dyota.