Korporasi

Perluas Jaringan Konsumen Ritel Online di Negeri Jiran, Grab Akusisi Supermarket Malaysia

  • Super app asal Singapura Grab Holdings Ltd, (GRAB) telah rampung melakukan akuisisi saham milik jaringan supermarket asal Malaysia Jaya Grocer.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Super app asal Singapura Grab Holdings Ltd, (GRAB) telah rampung melakukan akuisisi saham milik jaringan supermarket asal Malaysia Jaya Grocer.

Hal ini disampaikan oleh Chief Executive Officer Grab Anthony Tan, melalui laman resmi Linkedin miliknya, pada Selasa, 1 Februari 2022.

"Selamat datang dikeluarga Grab! Setelah menghabiskan banyak waktu dengan pemilik - keluarga Teng dan tim  mereka selama beberapa bulan terkahir," tulis Anthony dalam postingan Linkedin yang dikuip Rabu, 2 Januari 2022.

Dengan adanya akuisisi ini kedua perseroan berencana untuk menghadirkan pengiriman bahan makanan ke lebih banyak konsumen di Malaysia. Serta meluncurkan GrabPay dan GrabRewards di seluruh toko ritel fisik Jaya Groces, guna memperluas jaringan caschless konsumen.

Adapun akuisisi ini didasari oleh meningkatnya pertumbuhan belanja bahan makanan secara online, yang mana sebanyak 64% perngguna internet di Asia Tenggara pernah melakukan pembelian bahan belanja secara online selama pandemi.

Diperkirakan bahwa grosir online di Asia Tenggara saat ini dapat tumbuh hingga US$50 miliar dalam nilai barang dagang, serta ukuran keseluruhan pasar e-commerce saat ini dengan tingkat penetrasi 10% yang serupa dengan pasar modern.

Anthony menambahkan, tujuan dari akuisisi ini ialah untuk mempermudah akses bahan makanan agar dapat dijangkau oleh semua orang.

"Dengan kehadiran ritel dan jaringan pemasok Jaya Grocer yang kuat, kami dapat mengirimkan produk berkualitas ini ke lebih banyak rumah dengan lebih cepat." imbuh Anthony.

Sementara itu, Founder Jaya Grocer Teng Yew Huat menyakini, kerjasama ini dapat memberikan pertumbuhan pasar layanan grosir online, lebih besar kedepannya.

"Rekam jejak Grab yang kuat dan kemampuan untuk mengeksekusi dengan cara hyperlocal memberi saya keyakinan bahwa saya telah menemukan mitra yang tepat untuk membawa Jaya Grocer ke tingkat yang lebih tinggi," pungkas Teng.