<p>Suasana pelayanan nasabah disalah satu kantor cabang milik Bank Permata, di Jakarta. Foto; Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Perbankan

Permata Bank (BNLI) Umumkan Direksi dan Komisaris Baru, Berikut Lengkapnya

  • Permata Bank baru saja mengumumkan bahwa Riswinandi dan Rudy Basyir Ahmad resmi menjabat sebagai Komisaris Independen dan Direktur Perseroan mulai Rabu, 25 Oktober 2023.
Perbankan
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - PT Bank Permata Tbk (BNLI) atau Permata Bank baru saja mengumumkan bahwa Riswinandi dan Rudy Basyir Ahmad resmi menjabat sebagai Komisaris Independen dan Direktur Perseroan mulai Rabu, 25 Oktober 2023. 

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu 25 Oktober 2023, disebutkan bahwa proses pengangkatan keduanya dilakukan sesuai dengan ketentuan Pasal 3 dan Pasal 23 POJK 33/2014. Rapat untuk menetapkan masa jabatan keduanya diadakan setelah semua persyaratan pengangkatan terpenuhi, termasuk persetujuan kemampuan dan kepatutan dari regulator terkait.

Selanjutnya, masa jabatan keduanya berlaku hingga penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan (RUPST) yang dijadwalkan pada tahun 2026 atau dapat dilakukan sewaktu-waktu dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan.

Permata Bank juga telah menerima persetujuan Penilaian Kemampuan dan Kepatutan (fit and proper test) terkait pengangkatan Riswandi sebagai Komisaris Independen Perseroan dan Rudy Basyir Ahmad sebagai Direktur Perseroan, sesuai dengan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Dengan memperhatikan persetujuan Penilaian Kemampuan dan Kepatutan tersebut, pengangkatan Riswinandi sebagai Komisaris Independen Perseroan dan Rudy Basyir Ahmad sebagai Direktur Perseroan berlaku efektif mulai tanggal 25 Oktober 2023," demikian bunyi pengumuman tersebut.

Riswinandi yang menggantikan almarhum Rahmat Waluyanto yang meninggal pada 10 April 2023, memiliki pengalaman luas di sektor perbankan dan pernah menduduki berbagai posisi strategis di beberapa perusahaan dan lembaga regulator. 

Sebelumnya, Riswinandi menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) sekaligus Anggota Dewan Komisaris OJK. 

Sementara itu, Rudy Basyir Ahmad memiliki pengalaman yang luas di sektor perbankan dan pernah menjabat di berbagai posisi kepemimpinan dalam beberapa perusahaan.

Dengan demikian susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan sebagai berikut Dewan Komisaris.

Komisaris 

- Komisaris Utama : Chartsiri Sophonpanich

- Komisaris : Chong Toh - Komisaris : Niramarn Laisathit

- Komisaris : Chalit Tayjasanant

- Komisaris Independen : Haryanto Sahari

- Komisaris Independen : Goei Siauw Hing

- Komisaris Independen : Yap Tjay Soen

- Komisaris Independen : Riswinandi  

Direksi  

- Direktur Utama : Meliza Musa Rusli

- Direktur : Abdy Dharma Salimin

- Direktur Kepatuhan : Dhien Tjahajani

- Direktur Unit Usaha Syariah : Herwin Bustaman

- Direktur : Djumariah Tenteram 

- Direktur : Dayan Sadikin 

- Direktur : Setiatno Budiman

- Direktur : Rudy Basyir Ahmad