<p>Saffron Noble Apartment Milik PT Sentul City Tbk. / Sentulcity.co.id</p>
Nasional

Permohonan PKPU Sentul City Berakhir Damai

  • JAKARTA – Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dihadapi oleh PT Sentul City Tbk (BKSL) dapat berakhir damai. Dalam rapat pemungutan suara PKPU di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Selasa 9 Maret 2021, BKSL merestrukturisasi utangnya yang semula utang jangka pendek dan menengah menjadi utang jangka panjang. Mayoritas kreditur Sentul City menyetujui upaya restrukturisasi pembayaran […]

Nasional
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA – Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dihadapi oleh PT Sentul City Tbk (BKSL) dapat berakhir damai.

Dalam rapat pemungutan suara PKPU di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Selasa 9 Maret 2021, BKSL merestrukturisasi utangnya yang semula utang jangka pendek dan menengah menjadi utang jangka panjang.

Mayoritas kreditur Sentul City menyetujui upaya restrukturisasi pembayaran utang emiten properti ini.

Sebanyak 100% kreditur separatis dan 97% kreditur konkuren yang terdiri dari mayoritas konsumen BKSL mendukung proposal rencana perdamaian yang diajukan oleh Sentul City.

“Restrukturisasi pembayaran utang ini sangat membantu cash flow,” kata Head Of Corporate Communication BKSL, David Rizar Nugroho, Selasa 9 Maret 2021.

Sebagai catatan, pada 7 Januari 2021, BKSL dimohonkan PKPU oleh PT Prakasaguna Ciptapratama dengan nomor perkara 24/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN Niaga Jkt.Pst.

Menurut keterangan manajemen Sentul City di laman BE, PKPU ini digugat kepada Sentul City atas pekerjaan-pekerjaan proyek AEON di kawasan Sentul City, yang jatuh tempo dan belum dibayarkan senilai Rp7,5 miliar.

Gugatan ini terkait pengadaan dan pemasangan façade pada proyek AEON mixed use tahap 1 dan pekerjaan pintu dan jendela aluminium serta façade apartemen 1, 2, dan 3 proyek mixed use tahap 2.

Rincian tagihan sebesar Rp6,6 miliar jatuh tempo pada 15 Januari 2020, sebesar Rp749,17 juta jatuh tempo pada 13 Maret 2020, dan Rp151,13 juta jatuh tempo pada 13 Maret 2020.

BKSL dan kreditur sepakat memperpanjang jatuh tempo menjadi 30 Oktober 2020.

Kemudian, agenda selanjutnya yang disetujui setelah rapat pembahasan tersebut adalah rapat musyawarah majelis hakim yang akan dilakukan pada 15 Maret 2021.