Ilustrasi pengelolaan jaringan hotel dengan SD-WAN.
Properti

Permudah Monitoring Jaringan Hotel dengan SD-WAN Agar Keuntungan Lebih Maksimal

  • Menggunakan SD-WAN dalam monitoring jaringan hotel dapat mempermudah pengelolaan dan memaksimalkan keuntungan.
Properti
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) meminta kepada jaringan hotel untuk menggunakan IT yang mumpuni demi mendongkrak keuntungan usaha.

Ketua PHRI Haryadi Sukamdani mengatakan penggunaan SD-WAN dalam monitoring jaringan hotel membantu mempermudah pengelolaan, meningkatkan ketersediaan jaringan, meningkatkan keamanan, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya jaringan.

“Kita juga sudah mulai banyak yang pakai karena ini sebenarnya tinggal mengekstrak aja tinggal narik dari unit-unit. Ini sudah mulai common juga. Intinya di unit-unit harus seragam mereka punya Property Management System (PMS)-nya harus seragam jadi bisa dikonsolidasi,” kata Haryadi yang sekaligus pemilik jaringan Hotel Sahid.

Menurut dia, hal ini memberikan keuntungan yang lebih maksimal bagi hotel, termasuk performa jaringan yang lebih baik, penghematan biaya, dan pengalaman pengguna yang lebih baik. 

“Menggunakan SD-WAN (Software-Defined Wide Area Network) dalam monitoring jaringan hotel dapat mempermudah pengelolaan dan memaksimalkan keuntungan,” imbuhnya. 

Chief Enterprise Business Officer PT Link Net Tbk Agung Satya Wiguna mengatakan ada banyak layanan yang bisa dikembangkan dari pengelolaan jaringan hotel dengan menggunakan SD-WAN. 

SD-WAN memungkinkan pengelola hotel untuk melakukan monitoring jaringan secara sentral melalui satu dashboard. Dengan menggunakan dashboard ini, pengelola dapat melihat status jaringan secara real-time, memantau performa koneksi, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang utilitas jaringan. 

“Hal ini mempermudah pengelolaan dan memungkinkan respons yang cepat terhadap masalah jaringan atau pemadaman,” tambahnya.

Selanjutnya, teknologi SD-WAN yang memungkinkan ketersediaan jaringan yang tinggi. Dengan adanya fitur failover otomatis dan kemampuan routing yang cerdas, SD-WAN dinilai dapat secara otomatis mengalihkan lalu lintas ke jalur alternatif jika ada masalah pada jalur utama. 

“Ini meminimalkan gangguan layanan dan memastikan ketersediaan jaringan yang optimal untuk hotel,” pungkasnya.

Dengan sejumlah layanan itu, tuturnya, pengelola hotel dapat memantau penggunaan bandwidth dan mengatur penggunaan sumber daya dengan lebih efisien. Misalnya, lalu lintas yang membutuhkan bandwidth besar dapat diarahkan melalui jalur yang memiliki kapasitas lebih tinggi, sementara lalu lintas yang membutuhkan latency rendah dapat diberikan prioritas melalui jalur yang lebih stabil.