Cara Membuat Lokasi Bisnis di Google Maps, Bikin Usaha Anda Makin Laris!
Tekno

Permudah Pengguna Kendaraan Listrik, Google Maps Tampilkan Lokasi SPKLU

  • Informasi lokasi SPKLU yang diberikan Google Maps bersifat menyeluruh dengan menampilkan jumlah ketersediaan instalasi SPKLU yang bisa digunakan, jumlah antrean mobil yang sedang mengisi ulang, jenis colokan, kecepatan pengisian, serta fasilitas pendukung SPKLU seperti restoran dan supermarket.
Tekno
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA – Industri kendaraan listrik terus berinovasi menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dan nyaman. Tak mau kalah, Google turut mengembangkan beragam fitur di aplikasi Google Maps yang dikhususkan untuk pengguna kendaraan listrik. 

Tidak lagi menampilkan lokasi Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU), kini Google hanya akan menampilkan informasi lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Ulang (SPKLU).

Sebenarnya, kebijakan tersebut sudah dibuat pada 2022. Namun melihat maraknya tren kendaraan listrik tahun ini, Google akhirnya mengembangkan Google Maps dengan informasi yang lebih komprehensif. Hal ini karena mayoritas dari pemilik mobil listrik menggunakan Google Maps dengan memanfaatkan ponsel pintar mereka. 

Mengutip The Verge, Juru Bicara Google Pearl Xu menuturkan peningkatan fitur juga akan diterapkan untuk mobil-mobil listrik yang memang sejak awal sudah memiliki Android Auto. "Kebijakan ini akan sangat relevan buat pengguna mobil listrik yang tidak lagi memerlukan lagi informasi SPBU," ungkap Pearl Xu.

Saat ini tercatat hanya ada sejumlah mobil listrik yang sudah memasang Android Auto seperti Polestar 2, Volvo XC 40 Recharged, dan model yang akan datang Acura ZDX.

Informasi lokasi SPKLU yang diberikan Google Maps bersifat menyeluruh dengan menampilkan jumlah ketersediaan instalasi SPKLU yang bisa digunakan, jumlah antrean mobil yang sedang mengisi ulang, jenis colokan, kecepatan pengisian, serta fasilitas pendukung SPKLU seperti restoran dan supermarket.

Dengan demikian, pengguna mobil listrik dapat memanfaatkan waktu dengan pergi ke supermarket atau restoran saat baterai mobil listrik diisi ulang. "Fitur-fitur ini diyakini akan sangat membantu pemilik mobil listrik," jelas Pearl Xu.

Fasilitas tersebut tentu akan sangat membantu pemilik mobil listrik, mengingat banyak mobil listrik yang tersedia saat ini tidak menggunakan Android Auto sebagai aplikasi tambahan.